Ini 3 Komponen di Motor Matic yang Paling Wajib Diperhatikan

Musikpedia – Motor matic, dengan kemudahan transmisi otomatisnya, menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara.

Namun, untuk menjaga performa dan keamanan motor matic, beberapa komponen krusial harus diperhatikan dengan seksama.

Read More

Dikutip dari situs resmi Suzuki, berikut adalah tiga komponen utama yang perlu mendapat perhatian khusus.

1. V-belt

V-belt adalah komponen kunci dalam sistem penggerak roda motor matic. Fungsinya sebagai penghubung antara puller bagian belakang dan pulley di bagian depan.

Masa pakai V-belt berkisar antara 20 hingga 30 ribu kilometer, tetapi penggunaan yang kasar atau kecepatan tinggi dapat mempersingkat masa pakai ini.

2. Roller

Roller, berbentuk bulatan kecil, bertanggung jawab untuk menggerakkan pulley di bagian depan motor matic. Bentuk bulatnya memudahkan pergerakan, tetapi pemakaian yang berlebihan dapat merusaknya.

Suzuki Nex Digi (Greatbiker)

3. Kampas Kopling

Kampas kopling merupakan penghubung antara mesin dan sistem transmisi. Penggunaan gas dan rem secara bersamaan dapat menyebabkan gesekan yang tidak wajar dan membuat kampas kopling cepat aus.

Pemakaian yang tidak bijak dapat menyebabkan suara bising dan ketidakstabilan pada kemudi. Pengecekan rutin dan penggantian setiap 8 ribu kilometer sangat penting untuk menjaga performa motor matic. 

Menjaga ketiga komponen ini dalam kondisi optimal tidak hanya meningkatkan umur motor matic tetapi juga mengurangi risiko kerusakan yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

Perawatan yang tepat waktu dan pemakaian yang bijak adalah kunci untuk menjaga performa motor matic Anda.

Sumber: www.suara.com

Related posts