Ini 10 Mobil yang Terdampak oleh Skandal Diesel Toyota, Innova 2GD Termasuk?

Musikpedia – Toyota sebagai salah satu pemain kelas kakap otomotif dunia, kembali tersandung dalam skandal terbaru yang kali ini berkaitan dengan pengujian daya mesin diesel mereka.

Skandal diesel ini mengejutkan dunia otomotif dan memantik penangguhan pengiriman untuk 10 model Toyota, termasuk mobil-mobil populer seperti Toyota Hilux, Toyota Fortuner dan bahkan Toyota Innova.

Read More

Toyota Industries Corporation (TICO) melaporkan kepada Toyota Motor Corporation bahwa mereka menerima laporan dari komite penyelidikan khusus yang dipimpin oleh Mr. Hiroshi Inoue.

Komite tersebut ditugaskan untuk menyelidiki potensi ketidakberesan dalam regulasi sertifikasi terkait sertifikasi emisi domestik yang tidak sesuai untuk mesin diesel yang digunakan pada forklift dan mesin konstruksi.

Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa terjadi ketidakberesan selama pengujian daya mesin diesel yang dilakukan untuk sertifikasi tiga model mesin diesel yang dikembangkan oleh TICO atas pesanan Toyota.

Selama pengujian sertifikasi, performa daya mesin diukur menggunakan ECU (Engine Control Unit) dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal.

Perbedaan ini dimaksudkan untuk membuat hasil pengujian terlihat lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit. Sepuluh model kendaraan yang menggunakan mesin ini mendapatkan dampak global, termasuk enam model di Jepang.

Dikutip dari Autobuzz, tiga mesin diesel yang terkena skandal terbaru ini adalah 1GD, 2GD, dan F33A.

Toyota Kijang Innova Venturer diperkenalkan di Jakarta, Senin (16/1) [Musikpedia/Insan Akbar Krisnamusi].

Model yang terkena dampak dan dilengkapi dengan mesin 1GD meliputi:

  • Toyota Land Cruiser Prado
  • Toyota Hiace/Granace
  • Mazda Bongo Brawny Van
  • Toyota Dyna
  • Hino Dutro
  • Toyota Hilux
  • Toyota Fortuner

Sedangkan model yang menggunakan mesin 2GD dan terkena dampak meliputi:

  • Toyota Hilux
  • Toyota Innova

Model-model Toyota dengan mesin diesel F33A yang terkena dampak antara lain:

  • Toyota Land Cruiser 300
  • Lexus LX500d
Toyota Land Cruiser 2018 di Franfurt Motor Show 2017. [Carscoops]
Toyota Land Cruiser 2018 di Franfurt Motor Show 2017. [Carscoops]

Penting untuk dicatat bahwa skandal ini hanya berkaitan dengan pengukuran daya mesin pada model-model tersebut. Meskipun begitu, Toyota memutuskan untuk sementara menghentikan pengiriman kendaraan yang terkena dampak.

Toyota juga telah melakukan verifikasi ulang terhadap produk-produk yang diproduksi secara massal di pabrik mereka dan mengonfirmasi bahwa mesin dan kendaraan yang terkena dampak memenuhi standar kinerja output mesin yang ditetapkan.

Meskipun kendaraan ini tetap aman untuk digunakan, skandal ini memberikan dorongan bagi produsen dan konsumen untuk lebih kritis dalam mengawasi proses sertifikasi dan pengujian industri otomotif.

Sumber: www.suara.com

Related posts