Ingin Harga Jual Mobil Pribadi Stabil? Begini Tips yang Bisa Dilakukan

Musikpedia – Beberapa masyarakat memiliki mobil untuk kebutuhan keluarga. Tak sedikit dari mereka yang memiliki mobil pribadi lebih dari satu.

Read More

Tak pelak, beberapa mobil kerap ‘nganggur’ di garasi lantaran jarang dipakai. hal tersebut ternyata bisa membuat mobil mengalami masalah.

Bahkan mobil yang jarang dipakai justru bisa menurunkan harga ketika hendak dijual. Untuk menghindari hal tersebut, pemilik mobil bisa menerapkan tips yang dibagikan oleh Carsome yang satu ini.

1. Simpan di tempat aman dan terlindungi

Mobil yang jarang dipakai sebaiknya disimpan di tempat aman dan sesuai dengan kondisi mobil. Jauhi penyimpanan mobil di tempat yang lembab karena berpotensi menimbulkan karat.

Namun jangan juga disimpan di tempat yang panas karena bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan.

Sebaiknya mobil diberi penutup seperti kain agar terhindar dari debu dan paparan sinar matahari langsung.

2. Hidupkan mesin meski jarang dipakai

Mobil yang jarang dipakai sebaiknya tetap dihidupkan mesin secara berkala. Hal ini untuk menghindarikerusakan pada starter mobil dan karat pada bagian dalam mesin dan sebagainya.

Fungsi menghidupkan mesin agar oli dapat mengalir dengan baik dan mesin tetap terjaga kondisinya.

3. Bersihkan mobil secara teratur

Mobil yang jarang dipakai pastinya terdapat debu yang menempel pada bodi. Jika hal tersebut dibiarkan, bisa-bisa cat mobil akan rusak.

Sebaiknya membersihkan kotoran secara berkala agar tetap bersih dan nyaman meskipun jarang digunakan.

4. Periksa dan isi bahan bakar

Meski jarang dipakai, pastikan mobil diisi bahan bakar secara berkala. Bahan bakar yang terlalu lama tertinggal di dalam tangki dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil. Selain itu, pastikan tangki bahan bakar selalu terisi untuk mencegah kondensasi air yang dapat merusak mesin.

5. Lakukan servis secara berkala

Servis mobil secara berkala menjadi penting. Pasalnya, mobil yang jarang dipakai membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga mesin dan komponen lainnya tetap awet.

Lima hal ini bisa dilakukan agar harga jual mobil yang jarang dipakai dapat tetap terjaga dan menghindari kerugian finansial jika dikemudian hari Anda berniat menjualnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts