Indonesia Jadi Pusat Pengembangan dan Produksi Motor Listrik Honda Global

Musikpedia – PT Astra Honda Motor mengatakan Indonesia akan menjadi salah satu pusat pengembangan dan produksi sepeda motor listrik Honda di dunia, yang menjadi bagian dari strategi global Honda Motor.

Sebelumnya pada akhir November kemarin Honda Motor Co di Jepang mengumumkan akan membangun pabrik khusus motor listrik, yang jadi bagian dari strategi kendaraan listriknya hingga 2030. Dua lokasi yang jadi kandidat kuat, yakni Asia Tenggara dan India.

Read More

Tetapi pada Kamis (21/12/2023), Executive Vice President PT AHM, Thomas Wijaya mengatakan Indonesia terpilih sebagai salah satu lokasi pengembangan motor listrik Honda di dunia.

AHM meluncurkan motor listrik Honda EM1 e: Plus di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023). Harganya setara Honda PCX 160 CBS. [Musikpedia/Liberty Jemadu]

“Betul, jadi kita jadi salah satu pusat yang nantinya untuk pengembangan dan produksi kendaraan listrik Honda,” kata Thomas ketika dikonfirmasi Musikpedia di Cikarang, Jawa Barat di sela-sela peluncuran Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus.

Saat ditanya apakah Honda EM1 e: – yang diproduksi di Jakarta – merupakan bagian dari rencana global Honda untuk meluncurkan 30 motor listrik hingga 2030, Thomas membenarkannya.

“Secara global 30 model. Kita akan melihat market dan konsumen di Indonesia,” terang Thomas.

Ia menyinggung kembali rencana AHM yang diumumkan pada akhir 2022 lalu, tentang 7 model motor listrik yang akan diperkenalkan di Indonesia. Thomas mengatakan AHM akan melihat perkembangan pasar dan berharap akan lebih banyak motor listrik yang bisa dikembangkan.

“Kita akan melihat perkembangan pasar, minatnya seperti apa. Mudah-mudah dari 7 itu bisa berkembang lebih lagi,” imbuh dia.

Sebelumnya diwartakan Honda Motor Co mengumumkan akan membangun pabrik motor listrik yang mulai beroperasi pada 2027 mendatang. Ini merupakan bagian dari rencana ambisius raksasa otomotif Jepang tersebut hingga 2030 mendatang.

AHM memproduksi motor listrik Honda EM1 e: Plus di Jakarta Utara. [Musikpedia/Liberty Jemadu]
AHM memproduksi motor listrik Honda EM1 e: Plus di Jakarta Utara. [Musikpedia/Liberty Jemadu]

Daiki Mihara, kepala divisi pengembangan motor listrik Honda, dalam jumpa pers di Tokyo, Jepang, Rabu (29/11/2023) mengatakan pabrik motor listrik Honda kemungkinan akan dibangun di India dan Asia Tenggara.

Dalam jumpa pers tersebut, Honda Motor Co mengatakan akan menggelontorkan investasi hingga 500 miliar yen atau sekitar Rp 52,7 triliun untuk mengembangkan motor listrik hingga 2030 mendatang.

Dengan duit sebanyak itu, Honda akan meluncurkan 30 model motor listrik dan berharap penjualan motornya di dunia naik ke 4 juta unit per tahun dari sebelumnya ditarget 3,5 juta unit.

Sumber: www.suara.com

Related posts