Honda Mulai Tekuni Dunia Balap Motor Listrik, Ini Ajang yang akan Dijajaki

Musikpedia – Honda akan menurunkan tim pabrikan di ajang FIM E-Xplorer World Cup pada tahun 2024 dengan menggunakan motor Honda CR Electric Proto. Ini menandai penampilan pertama HRC di panggung dunia untuk ambisi balap listriknya.

Read More

Dilansir dari Visordown, sepeda motor ini memulai debut balapnya di Kejuaraan Motocross All-Japan tahun lalu, dikendarai oleh pembalap Amerika Serikat, Trey Canard.

Canard tidak terdaftar dalam daftar pembalap Honda E-Xplorer untuk tim Kejuaraan Dunia AMA SuperMotocross. Sebagai gantinya, Tosha Schareina dan Francesca Nocera akan tampil. Kejuaraan Dunia E-Xplorer mengharuskan setiap tim memiliki pembalap pria dan wanita.

Schareina adalah anggota dari program reli pabrik Honda. Ia bergabung tahun lalu dan memenangkan Prolog Reli Dakar tahun ini. Namun, ia mengalami kecelakaan pada etape pertama.

Di sisi lain, Nocera adalah Juara Italia tujuh kali. Ia telah memenangkan empat gelar motorcross dan tiga gelar dalam disiplin enduro. Ini berarti dia berpengalaman dalam berbagai disiplin dan skenario off-road.

E-Xplorer sebelumnya hanya terdiri dari satu kelas, namun akan dipecah menjadi kelas utama Hyperbike dan kelas sekunder GT pada tahun 2024. Sepeda motor kelas GT harus mematuhi berat maksimum 112kg.

Motor-motor ini adalah mesin balap yang berasal dari model produksi. Di sisi lain, Hyperbike memungkinkan motor-motor prototipe untuk berkompetisi. E-Xplorer membutuhkan “jarak sumbu roda MX standar” dan kapasitas baterai yang dibatasi pada 7kWh.

Schareina dan Nocera akan berkompetisi di kelas Hyperbike. Format balapan untuk kelas ini mencakup tiga balapan 10 menit, diikuti dengan serangkaian ‘play-off’ untuk empat tim teratas.

Tosha Schareina mengatakan, “Saya sudah mengenal tim ini dan merasa nyaman bekerja sama dengan mereka. Kami bekerja sama dengan baik. Meskipun tantangan E-Xplorer berbeda, ia berharap dapat beradaptasi dan mengendarai mesin listrik bersama Francesca.

CR Electric Proto telah menunjukkan kemampuannya untuk menyamai performa sepeda motor bensin, sehingga menjadi saat yang menyenangkan untuk bekerja sama dengan HRC dalam mengembangkan mesin listrik yang mumpuni.

Francesca Nocera, yang telah memenangkan beberapa gelar di motorcross Italia dan menempati posisi ketiga di dunia tahun lalu di ajang enduro, sangat antusias untuk memadukan dua disiplin ilmu.

“Saya telah memenangkan beberapa gelar di motorcross Italia, dan baru-baru ini kembali ke enduro dan finis ketiga di dunia tahun lalu, jadi bagi saya bisa memadukan kedua disiplin ini sangat menyenangkan.”

Sumber: www.suara.com

Related posts