Hindari Rem Blong dengan Langkah-Langkah Berikut

Musikpedia – Mengendarai motor matic memang memudahkan banyak pengendara, tetapi berkendara di jalanan menurun memerlukan teknik khusus agar tetap aman dan nyaman. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah penggunaan rem. Mengingat risiko rem blong dapat menjadi masalah serius, berikut adalah tips untuk mengendarai motor matic di turunan dengan aman, dikutip dari situs resmi Suzuki.

Read More

1. Jaga Laju Gas, Jangan Dikosongkan

Motor matic memiliki sistem persneling otomatis, sehingga sebaiknya hindari mengosongkan gas secara tiba-tiba ketika melintasi jalan turunan. Jaga kecepatan motor dengan mengurangi gas, namun jangan sampai gas benar-benar kosong. Pertahankan kecepatan sekitar 5-10 km/jam untuk menjaga kendali.

2. Posisikan Jari di Handle Rem dengan Baik

Saat melintasi turunan, posisikan keempat jari (kelingking, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk) di masing-masing handle rem. Jari jempol harus tetap siap di grip gas untuk mengontrol laju motor. Cengkram handle rem secukupnya, hindari cengkraman yang terlalu dalam agar rem tetap efektif tanpa kehilangan stabilitas.

3. Prioritaskan Rem Depan

Ketika mengerem di jalanan menurun, berikan tekanan lebih pada rem depan daripada rem belakang. Rem depan memiliki daya hentikan yang lebih besar dan membantu menahan dorongan motor ke depan. Rem belakang lebih berfungsi sebagai penyeimbang, sehingga prioritaskan rem depan untuk menjaga kendali.

4. Jangan Lepas Handle Rem Terlalu Dini

Hindari kebiasaan melepas handle rem sebelum sepenuhnya melintasi jalan turunan. Melepas rem terlalu dini dapat membuat motor kehilangan kendali dan meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan untuk tetap memegang handle rem hingga melewati turunan dengan aman.

5. Gunakan Kaki Kanan untuk Menyeimbangkan

Manfaatkan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor, terutama saat melewati turunan yang tajam atau lalu lintas padat. Kaki kanan dapat membantu menopang motor saat perlu berhenti atau saat menghadapi kondisi jalan yang sulit.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko rem blong dan menjaga keamanan saat berkendara di jalan turunan dengan motor matic. Tetaplah waspada dan terapkan teknik mengemudi yang baik untuk pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Semoga tips ini bermanfaat bagi para pengendara motor matic!

Sumber: www.suara.com

Related posts