Hindari Boros dengan Trik Ini

Musikpedia – Libur Nataru seringkali diwarnai dengan mudik atau perjalanan jauh bersama keluarga. Namun, setelah liburan, pulang kampung bisa menjadi momen di mana kendaraan kita membutuhkan perhatian khusus, terutama dalam penggunaan bensin.

Read More

Berikut beberapa trik sederhana agar saat perjalanan pulang liburan mobil tetap hemat bensin:

1. Dilarang Ngebut

Ingat, saat mudik, tujuan utama adalah sampai dengan selamat, bukan menjadi pembalap. Hindari kecepatan tinggi, dan usahakan agar kecepatan tidak melebihi 80 kpj.

Kecepatan tinggi dapat meningkatkan konsumsi bensin, sehingga perjalanan yang santai juga mendukung efisiensi bahan bakar.

2. Maksimalkan Penggunaan AC

Mesin bekerja lebih keras saat AC dinyalakan, yang artinya lebih banyak bahan bakar yang digunakan. Gunakan AC dengan bijak, seperti hanya saat berada di jalanan padat merayap.

Jangan lupa, matikan AC saat jendela mobil terbuka untuk menghindari pemakaian bahan bakar berlebih.

3. Bawa Barang yang Dibutuhkan

Pertimbangkan barang-barang yang benar-benar diperlukan selama perjalanan. Semakin berat beban mobil, semakin besar konsumsi bensinnya.

Bawa hanya barang esensial dan hindari membawa beban berlebih yang dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan juga potensi bahaya keselamatan.

4. Jangan Terlalu Banyak Berhenti

Meskipun istirahat perlu, terlalu banyak berhenti bisa mengurangi efisiensi bensin. Rencanakan perhentian setiap dua jam sekali untuk istirahat dan pendinginan mesin. Hindari berhenti terlalu sering, termasuk terjebak dalam kemacetan.

Dengan mengikuti tips ini, perjalanan pulang dari liburan Nataru Anda tidak hanya akan hemat bensin, tetapi juga lebih nyaman dan aman. Selamat berkendara!

Sumber: www.suara.com

Related posts