Gunakan Kacamata Hitam saat Berkendara Motor Tak Boleh Asal, Ini Tips Penting yang Wajib Tahu

Musikpedia – Kacamata hitam menjadi salah satu piranti yang biasa digunakan saat berkendara motor, terutama pada pemotor yang melakukan touring.

Read More

Penggunaan kacamata hitam ini menjadi salah satu pilihan praktis pemotor karena bisa melindungi mata dari sinar matahari yang menyilaukan.

Tak sedikit dari pemotor yang memakai kacamata hitam ini guna gaya-gayaan saja. Memang hal tersebut sah-sah saja. Tetapi perlu diperhatikan beberapa aspek penting yang wajib diketahui pemotor sebelum menggunakan kacamata hitam.

Berikut lima aspek yang wajib diketahui dilansir dari Suzuki Indonesia.

Pemotor sebaiknya memiliki kacamata yang terdapat fitur perlindungan sinar ultraviolet (UV). Hal ini berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar UV secara langsung.

Dengan adanya perlindungan UV, pemotor dapat merasa nyaman karena penglihatan menjadi lebih terlindungi dari efek sinar matahari yang berlebih.

Penggunaan lensa yang tepat juga menjadi pemilihan pemotor ketika hendak membeli kacamata hitam.

Disarankan memilih kacamata hitam dengan lensa berbahan polarized karena berperan sebagai photo chromatic yang mampu menyerap hingga 98 persen sinar matahari, dan dapat menyesuaikan diri dengan sinar UV.

Hal ini memungkinkan lensa menjadi terang di dalam ruangan dan gelap di luar ruangan, menghindari efek silau dari sinar matahari.

Kacamata yang digunakan untuk berkendara umumnya terpapar debu dan risiko tergores. Untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya pilih lensa yang memiliki daya tahan terhadap goresan atau anti gores.

Meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi, kualitas tersebut dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas berkendara.

Selain memperhatikan lensa, pemilihan kacamata juga harus memperhatikan kenyamanan frame dan desainnya yang dapat mengikuti kontur wajah pengguna, terutama desain yang bersifat sporty atau melengkung sesuai bentuk wajah.

Pastikan juga frame tidak terlalu berat namun tetap kuat, dan gagang frame-nya lentur agar tidak mengganggu saat menggunakan helm.

Untuk penggunaan yang lebih praktis, pilihan helm dengan fitur double visor atau kacamata hitam terintegrasi dapat menjadi solusi. Helm ini dapat diandalkan baik saat berkendara pada siang hari maupun malam hari.

Sumber: www.suara.com

Related posts