Gelar Workshop Wartawan Lingkungan 2023, Astra Dukung Target KBA Pekayon Bekasi Jadi Kampung Wisata Edukasi Kawasan 2027

Musikpedia – Pada Kamis (23/11/2023), Astra–atau PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan nasional yang memiliki 272 anak usaha antara lain di sektor otomotif, layanan pembiayaan, dan asuransi, serta memiliki program penganugerahan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia–menggelar Workshop Wartawan Lingkungan 2023.

Kegiatan berlangsung di Kampung Berseri Astra atau KBA Pekayon, Bekasi. Dengan sederet kegiatan unggulan yang dikerjakan warganya. Yaitu ecoprinting atau pembuatan kain motif dedaunan dari bahan asli dan pewarna alami.

Read More

Kemudian masih ada berbagai kegiatan warga yang berguna bagi lingkungan sendiri serta bisa dijadikan menjadi lahan bisnis sampingan. Seperti pembuatan kompos dari rontokan tanaman di halaman dan limbah daun dari proses ecoprinting, pupuk organik cair dari sampah rumah tangga, bank sampah, sampai wisata lingkungan.

Logo keren dari KBA Pekayon Bekasi dengan semangat kampung ProKlim [Musikpedia/CNR ukirsari].

“Workshop wartawan lingkungan Astra ini sudah kami laksanakan selama 14 tahun. Kami memiliki program Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra. Hari ini kami mengajak jurnalis dan content creator untuk bertandang ke salah satu desa binaan Astra, yaitu KBA Pekayon Bekasi,” papar Boy Kelana Soebroto, General Manager-Head of Corporate Communications – PT Astra International Tbk.

Kampung Berseri Astra ini mengemban Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH). Sebuah program yang meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

ProKlim ini memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, dan bisa meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Menurut Boy Kelana Soebroto, Astra memberikan pendampingan tidak kurang dari 300 Kampung Berseri Astra, serta 83 KBA ProKlim.

Proses pemberian pola di atas kain dengan daun kemudian ditutup kain penggulung dalam Workshop Wartawan Lingkungan 2023 oleh Astra di KBA Pekayon Bekasi [Musikpedia/CNR ukirsari].
Proses pemberian pola di atas kain dengan daun kemudian ditutup kain penggulung dalam Workshop Wartawan Lingkungan 2023 oleh Astra di KBA Pekayon Bekasi [Musikpedia/CNR ukirsari].

“Di mana warga kampung bersama-sama melakukan mitigasi lingkungan, dan di KBA Pekayon, kita bisa melihat para ibu membuat ecoprint handmade. Kegiatan ini harus menjadi inspirasi untuk masyarakat luas. Selamat menikmati jelajah inspirasi hari ini,” ungkap Boy Kelana Soebroto.

Sementara itu Eko Purwanto, Local Champion dan Ketua Kampung Berseri Astra Pekayon menyatakan kurun 2017 – 2023, tempatnya bermukim telah meraih 19 penghargaan berkait lingkungan.

“ProKlim dari KLH ini tenar di seluruh dunia. Dalam jajaran Kampung Berseri Astra (KBA) terbagi beberapa level, yaitu level madya, utama, dan lestari. KBA Pekayon telah mencapai level lestari sehingga kami punya binaan ProKlim untuk didukung secara bertahap hingga bisa mencapai peningkatan predikat ini. Kami berterima kasih atas semangat masyarakat dan dukungan penuh dari Astra, selama delapan tahun yang sangat komprehensif,” sambut Eko Purwanto.

Pola kain ecoprint yang dibuat dari dedaunan alami dalam Workshop Wartawan Lingkungan 2023 Astra [Musikpedia/CNR ukirsari].
Pola kain ecoprint yang dibuat dari dedaunan alami dalam Workshop Wartawan Lingkungan 2023 Astra [Musikpedia/CNR ukirsari].

Ia menyatakan kegiatan awal warga Pekayon RW 8,9,10, dan 11 bermula pada 2005, saat sekelompok ibu yang sangat mencintai lingkungan bersama-sama melakukan sederet kegiatan memberdayakan kawasan tempat mereka bermukim.

“Pada 2015 kami bertemu dengan Astra yang membantu melakukan percepatan, penghargaan, pendampingan. Hal ini selaras dengan kepedulian para pendiri Astra agar senantiasa mencintai lingkungan dan berguna bagi sesama,” lanjut Eko Purwanto sembari menambahkan luasan kawasan KBA Pekayon meliputi 700 hektare dan dihuni 3.300 jiwa.

“Target kami adalah menciptakan Kampung Wisata Edukasi Lingkungan untuk direalisasikan pada 2027,” tandasnya.

Proses pembuatan pupuk kompos KBA Pekayon Bekasi dalam Workshop Wartawan Lingkungan 2023 Astra [Musikpedia/CNR ukirsari].
Proses pembuatan pupuk kompos KBA Pekayon Bekasi dalam Workshop Wartawan Lingkungan 2023 Astra [Musikpedia/CNR ukirsari].

Dalam kegiatan sehari itu, para peserta mengikuti sesi pembuatan kain ecoprinting yang sangat artistik dan menginspirasi, melihat proses pembuatan kompos, pupuk cair, kebun hidroponik, bepergian menggunakan kendaraan angkut wisata lingkungan KBA Pekayon, mencicipi minuman teh bunga telang dan serai campur lemon, sampai salad buah dengan yoghurt diberi pewarna bunga telang.

Seru dan serba menarik, khususnya proses pembuatan kain ecoprinting dalam durasi sekira dua jam. Serta dikerjakan bersama dalam semangat belajar lebih dekat dengan alam.

Sumber: www.suara.com

Related posts