Geely Kembali Kirim Satelit Pemandu Mobil Nirawak ke Luar Angkasa

Musikpedia – Geely, produsen mobil asal Tiongkok, pada Sabtu (3/2/2024) mengumumkan telah mengirimkan 11 satelit orbit ke orbit rendah Bumi. Satelit-satelit itu akan menjadi pemandu bagi mobil nirawak Geely.

Read More

Ini adalah kali kedua Geely mengirim satelit-satelitnya ke orbit rendah Bumi. Pengiriman pertama dilakukan pada Juni 2022 silam. Perusahaan berharap bisa mengirim 72 satelit hingga 2025 dan berambisi akan memiliki 240 satelit di orbit rendah.

Sebanyak 11 satelit itu diluncurkan ke luar angkasa lewat fasilitas peluncuran satelit Xichang, di Sichuan, China, demikian dilansir dari Reuters.

Selain berfungsi sebagai pemandu mobil nirawak, satelit-satelit Geely itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan komersial lainnya seperti untuk sektor elektronik.

Satelit-satelit Geely itu memiliki fungsi remote sensing berbasis kecerdasan buatan, hingga bisa menangkap gambar dengan resolusi tinggi.

Hingga saat ini jaringan satelit China di luar angkasa masih dikuasai oleh militernya. Tetapi perlahan-lahan, sejak 2014, pihak swasta sudah diberikan kesempatan untuk masuk ke industri luar angkasa.

Sejak itu, beberapa perusahaan antariksa muncul di China tetapi rata-rata masih disokong oleh pemerintah, baik pusat maupun pemerintah daerah. 

China sendiri kini memiliki lebih dari 400 satelit di luar angkasa, termasuk satelit-satelit milik swasta.

Sumber: www.suara.com

Related posts