Filter Apa Saja yang Ada di Mobil? Kenali Beda Fungsinya

Musikpedia – Mobil modern saat ini dilengkapi dengan berbagai filter yang memiliki peran penting dalam menjaga kinerja dan kenyamanan berkendara.

Salah satu kunci perawatan kendaraan adalah mengenal perbedaan fungsi dari setiap jenis filter yang ada.

Read More

Berikut ini adalah empat jenis filter yang umumnya ditemui di mobil dan perbedaan fungsi masing-masing.

Melakukan engine flush dan mengganti oli mobil [Envato Elements/slavamishura].

1. Filter Kabin

Filter kabin terletak di bawah dashboard kendaraan dan memiliki fungsi utama untuk menyaring udara yang masuk ke dalam kabin.

Tujuannya adalah menjaga udara di dalam kabin tetap bersih dari debu, kotoran, serta partikel-partikel alergen yang dapat membahayakan kesehatan pengendara dan penumpang.

Dengan filter kabin yang bersih, udara yang dihirup selama berkendara akan tetap segar dan bebas dari zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Filter Oli

Filter oli berperan dalam menjaga kebersihan oli yang berfungsi sebagai pelumas dan pendingin mesin.

Filter ini menyaring kotoran dan partikel yang dapat mengakibatkan keausan pada bagian-bagian mesin.

Dengan menjaga kebersihan oli, filter oli berkontribusi besar dalam mempertahankan performa mesin dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh partikel-partikel kecil yang berpotensi merusak.

3. Filter Bensin

Filter bensin berfungsi untuk menyaring kontaminan yang mungkin terdapat dalam bahan bakar atau BBM sebelum masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar.

Tanpa filter bensin yang baik, partikel-partikel kotoran dalam bahan bakar dapat merusak komponen-komponen mesin dan sistem injeksi, mengakibatkan performa mesin menurun dan efisiensi bahan bakar berkurang.

4. Filter Mesin

Mirip dengan filter kabin, filter mesin berperan dalam menyaring udara. Namun, yang disaring oleh filter mesin adalah udara yang masuk ke dalam bagian mesin.

Fungsi ini sangat penting untuk menjaga agar udara yang dibutuhkan mesin tetap bersih dari partikel debu dan kotoran. Filter mesin yang baik akan mendukung pembakaran optimal dan kinerja mesin yang efisien.

Mengetahui perbedaan fungsi dari masing-masing filter ini menjadi kunci dalam menjaga performa dan kesehatan mobil Anda.

Perawatan teratur dan penggantian filter sesuai dengan rekomendasi pabrikan adalah langkah preventif yang dapat meningkatkan umur pakai kendaraan Anda.

Jadi, pastikan untuk rutin memeriksa dan mengganti filter-filter tersebut agar mobil tetap dalam kondisi optimal.

Sumber: www.suara.com

Related posts