Fakta-fakta Tabrakan BMW X5 Rasyid Rajasa yang Tewaskan Balita 11 Tahun Silam

Musikpedia – Nama Rasyid Rajasa kini sedang jadi sorotan, setelah ia berpeluang besar menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2024 ini. Putra politikus PAN Hatta Rajasa itu berpeluang lolos ke senayan setelah meraup puluhan ribu suara dari Jawa Barat.

Read More

Publik menyoroti Rasyid Rajasa karena belum bisa melupakan kecelakaan mematikan yang disebabkannya pada 2013 silam. Ketika itu mobil mewah BMW X5 yang dikemudikan menabrak sebuah Daihatsu Luxio berpenumpang 5 orang. Dua di antaranya tewas akibat kecelakaan tersebut.

Kecelakaan yang terjadi pada Januari 2013 itu terjadi ketika Hatta Rajasa, ayah Rasyid sedang menjabat sebagai Menteri Koordiantor bidang Perekonomian.

Ketika itu yang memerintah juga adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang tidak lain besan Hatta Rajasa. Ibas Yudhoyono, putra kedua SBY, pada 2011 menikah dengan kakak perempuan Rasyid Rajasa, yakni Siti Rubi Aliya Rajasa.

Rasyid Rajasa ketika itu memang diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Dalam vonis yang dibacakan hakim pada Maret tahun yang sama, Rasyid yang masih remaja dijatuhi hukuman penjara 6 bulan percobaan dan denda Rp 12 juta.

BMW X5 Rasyid Kecepatan Tinggi

Dalam kecelakaan itu sendiri dua orang yang tewas adalah penumpang Daihatsu Luxio. Keduanya terpental dari dalam mobil dan nyawanya tak bisa diselamatkan.

Dua korban adalah Harun, 57 tahun, dan seorang balita, Muhammad Raihan, 14 bulan. Selain itu, tiga orang lainnya mengalami luka-luka, yaitu Enung, Supriyati, dan Rifai.

Kondisi penumpang Luxio yang terlempar ke luar mobil diduga akibat kecepatan Rasyid Rajasa saat mengemudikan SUV BMW X5 dengan kecepatan tinggi. Luxio itu sendiri, seperti yang diterangkan polisi, terlempar hingga 50 meter di jalan tol.

Mobil yang ditumpangi Rasyid Rajasa memang bukan kaleng-kaleng. SUV yang diimpor dari Jerman itu, hanya mengalami sedikit penyok akibat kecelakaan tersebut. Saat dipamerkan di kantor polisi, terlihat airbag mobil masih mengembang.

BMW X5, yang diimpor utuh itu, dilengkapi fitur keselamatan aktif dan pasif, mulai dari Antilock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, Conrnering Brake Control, Active Headrest Front, Brake Assist dan Brake Force Display. 

Ada juga jajaran airbag yang terhitung lengkap pada masanya, yakni yang terletak di tidak hanya di depan dan samping tetapi juga di bagian atas.

Mobil bensin berkapasitas mesin 2.996 cc ini bisa menghasilkan tenaga 258 hp di 6600 RPM dan torsi maksimal 300 Nm pada 2500 RPM. 

Harga BMW X5 yang dikemudikan Rasyid Rajasa itu, tentu saja pada masa itu, sekitar Rp 1,2 miliar sampai Rp 1,4 miliar. Diketahui mobil yang ditumpangi anak Hatta Rajasa itu adalah keluaran 2010.

Sumber: www.suara.com

Related posts