EICMA 2023 Sukses Dipentaskan di Milan, Dampak Positif Terasa Secara Online Melebihi Saat Pandemi

Musikpedia – Pandemi COVID-19 telah membuat sederet perubahan dalam sektor otomotif. Tidak terkecuali gelaran EICMA atau Pameran Kendaraan Roda Dua dan Aksesoris Internasional di Milan, Italia yang digelar Confindustria ANCMA atau Asosiasi Industri Sepeda Motor dan Aksesoris Italia.

Di masa pandemi COVID-19, acara dipentaskan secara daring atau dalam jaringan yang membuat gairah pameran kurang terasakan. Kemudian dalam kesempatan berikutnya menggunakan media luring atau luar jaringan alias offline akan tetapi dibatasi, dan tetap menggunakan saluran online. Termasuk antara lain mendatangkan para rider balap motor dan disiarkan di situs resmi serta media sosial.

Read More

Kekinian, saat semua restriction atau pembatasan COVID-19 diangkat sehingga EICMA 2023 bisa digelar semakin leluasa, termasuk menghadirkan balap motocross dekat arena pameran dan tersedia begitu banyak kesempatan test ride, para pengunjung yang menyimak pameran secara online tidak berkurang.

Bahkan Confindustria ANCMA mendapatkan semacam keuntungan, karena EICMA ke-80 laris ditonton secara offline dan online. Keduanya bersinergi menunjukkan bahwa gelaran pameran otomotif roda dua ini memang sangat ditunggu penggemarnya.

Dikutip dari rilis resmi ANCMA sebagaimana diterima Musikpedia, suksesnya penyelenggaraan dan jalannya acara EICMA 2023 bisa dikonfirmasi di web, di media sosial, dan tulisan para jurnalis yang memberitakan kegiatan ini, lengkap dengan produk idaman para pencinta kendaraan roda dua.

Lebih dari seminggu setelah penutupan fisik EICMA 2023, hadir sederet angka menarik yang menampilkan data bahwa acara fisik pameran yang disebarkan cara digital juga banyak dicari penonton, bahkan setelah acara berakhir.

EICMA ke-80 di Milan, Italia menghadirkan pentas Supercross Eropa [ANCMA/EICMA].

Titik tumpu platform digital EICMA, yaitu situs web acara eicma.it, yang mencakup toko tiket penjualan resmi acara pameran ini berhasil menyalurkan berita kepada 1,7 juta guest yang login mengikuti jalannya kegiatan di venue. Kemudian para tamu yang menilik kegiatan tembus 3,5 juta tampilan halaman dengan rata-rata durasi kunjungan lebih dari dua menit.

Pekan pameran ini juga memberikan percepatan yang signifikan terhadap profil sosial EICMA, yaitu 6 juta guest membuka halaman Facebook dan hampir 10 juta menikmati tayangan secara online. Sementara 3,8 juta tamu dengan minat khusus mengunggah postingan di profil Instagram, ada lebih dari 4,5 juta tayangan tentang pameran sepeda motor Milan ini, dan jumlah follower pameran ini tumbuh lebih dari 24 ribu unit hanya dalam enam hari EICMA.

Kinerja tim yang mengirim rilis acara dan berita untuk pers, mulai jurnalis sampai tim editorialnya juga mengesankan. Tiga puluh lima siaran pers dikeluarkan dalam dua bahasa (Italia dan Inggris) sebelum dan selama acara, lebih dari 290 berita dipublikasikan di situs resmi EICMA, lebih dari 40 video diproduksi selama minggu pameran, 10 ribu foto dibagikan dan 450 menit dari video B-roll yang direkam, ratusan unduhan konten diproduksi dan tersedia ruang pers digital.

Lebih dari 50 konferensi pers masuk dalam kalender resmi selama dua hari pertama, serta puluhan momen lainnya bersama media yang diselenggarakan secara independen oleh peserta pameran.

Sirkulasi pemberitaan mengesankan, lebih dari 4.500 artikel yang diterbitkan dengan kutipan EICMA tampil di berbagai surat kabar Italia, belum lagi yang hadir di manca negara dalam berbagai bahasa termasuk Inggris dan Prancis, dengan perkiraan potensi tayangan beberapa juta orang, serta ditayangkan lebih dari 100 TV dan radio.

Logo EICMA 2023 yang dipentaskan untuk ke-110 kalinya  [ANCMA/EICMA].
Logo EICMA 2023 yang dipentaskan menandai gelaran ke-110 kalinya [ANCMA/EICMA].

Tidak kalah seru, para pembuat konten atau content creator terakreditasi dan pengunjung yang hadir juga membuat materi tayangan yang tidak dapat diukur banyaknya.

Seluruhnya membuktikan daya tarik EICMA bagi jurnalis, operator komunikasi, dan influencer. Jumlah yang hadir langsung juga tidak sedikit, lebih dari 60 negara.

Mengenai inisiatif khusus yang diusulkan pada 2023, yaitu adanya EICMA Esports Arena, konten baru sektor e-sport di bidang game olah raga otomotif juga menangguk banyak penggemar baru pameran ini. Yaitu adanya penonton ribuan anak muda, tamu VIP sampai pemain atau gamers yang menghadiri kejuaraan online motorcross. Berlangsung dalam empat tahap yang diselenggarakan menjelang pameran, finalnya dimainkan sebelum penutupan EICMA 2023. Tercatat lebih dari 16 ribu orang yang ikut mengunduh permainan untuk ikut bertarung di game ini.

Di antara inisiatif khusus tadi, situs resmi EICMA di sektor EICMA EFFECT juga menonjol, di mana fotografer internasional Zak Andrea Zaccone, yang dikontrak pengiklan Lorenzo Marini mengabadikan ekspresi para pengunjung. Ia memotret dan menceritakan kembali emosi yang ditimbulkan oleh pengalaman kunjungan dalam bentuk real time yang bisa dinikmati pengunjung di situs web eicma.it. Tercatat lebih dari 10.000 foto diambil selama seminggu.

Yup, EICMA sudah kembali seru seperti sebelum masa pandemi COVID-19 dan kini website dilengkapi platform baru untuk prapendaftaran dan perencanaan pertemuan B2B, sampai pertemuan bisnis EICMA, yang dikembangkan untuk mendorong pertemuan antara penawaran dan permintaan pasar, memfasilitasi dialog dan lahirnya peluang bisnis konkrit. Aksesnya mencapai lebih dari 7.000 akses.

Dan toko tiket online di situs EICMA akan dipertahankan karena dalam pembelian tiket, 88 persen pengunjung melakukan secara online dan hanya 12 persen memilih box office fisik.

Sumber: www.suara.com

Related posts