Dukung Percepatan Ekosistem EV, PLN Tambah Stasiun

Musikpedia – Jumlah infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Jakarta selama 2023 secara keseluruhan mengalami peningkatan.

Dikutip dari kantor berita Antara, fasilitasnya berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), sampai dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Read More

“Jumlah total SPKLU, SPBKLU dan SPLU naik sebesar 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya (2022). Dari 2.866 unit menjadi 3.347 unit. Seluruhnya tersebar di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya,” jelas Lasiran, General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya atau PLN UID Jakarta Raya, di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Dituturkannya, banyak anggota masyarakat yang sudah beralih menggunakan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV). Karena itu, PLN bersama Pemerintah RI mengajak masyarakat Jakarta ikut menciptakan kota yang lebih bersih, sehat dan berkelanjutan dengan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) [PLN]

PLN UID Jakarta Raya juga telah menambah 43 SPKLU pada 2023 sebagai upaya mendukung percepatan ekosistem EV di Indonesia.

“Saat ini terdapat 79 SPKLU yang tersebar di 48 lokasi di Jakarta dan sekitarnya,” jelas Lasiran.

“Kami mendukung Pemprov DKI untuk menjadikan Jakarta sebagai Kota Global dengan menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik yang mumpuni,” lanjutnya.

“PLN siap membangun dan menyiapkan fasilitas bagi pengendara kendaraan listrik. Baik menambah SPKLU, SPBKLU ataupun SPLU,” tukas General manager PLN UID Jakarta Raya.

Percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik ini adalah komitmen PLN mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mobilisasi berkelanjutan untuk mewujudkan Jakarta Kota Global.

SPKLU dirancang untuk memberikan akses mudah dan cepat bagi pemilik kendaraan listrik atau EV dalam mengisi daya kendaraan mereka saat berada di tempat publik. Sekaligus menjadikan mobilitas berkelanjutan, lebih terjangkau, dan praktis.

Penyediaan SPLU yang lebih luas menjadi fokus utama, bertujuan menciptakan lingkungan yang mendukung penggunaan energi listrik bersih di Jakarta. Jumlah SPLU di wilayah Jakarta saat ini berjumlah 3.263 unit.

SPLU ini ditempatkan pada lokasi strategis untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses mudah mengisi daya kendaraan listrik dan perangkat elektronik lainnya guna mendukung perubahan positif dalam pola konsumsi energi.

Sedangkan SPBKLU menjadi sorotan dalam upaya menciptakan infrastruktur yang mendukung kendaraan listrik khususnya roda dua.

“Saat ini PLN UID Jakarta Raya telah menghadirkan 43 kabinet yang tersebar di area Jabodetabek,” tukas Lasiran.

Dengan adanya SPBKLU, pengguna EV dapat dengan nyaman dan aman menukar baterai motor listrik sehingga meningkatkan fleksibilitas pengguna.

Sumber: www.suara.com

Related posts