Dua Hari Jelang Natal 2023, 53 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta via Tol Japek dan Contraflow Diberlakukan

Musikpedia – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat, dua hari menjelang Hari Raya Natal atau H-2 Natal pada Sabtu (23/12/2023).

Dikutip dari kantor berita Antara, arus lalu-lintas kendaraan di GT Cikampek Utama berjalan lancar di kedua arah, baik yang keluar Jakarta menuju Palimanan maupun arah sebaliknya. Sebelum pukul 21.00 WIB tercatat 53.490 kendaraan melewati GT Cikampek Utama menuju Palimanan. Sedangkan kendaraan yang masuk menuju Jakarta tercatat 19.772 kendaraan.

Read More

Kebijakan contraflow–atau sistem pengaturan lalu-lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah, dilakukan atas diskresi pihak kepolisian–telah diterapkan atas diskresi pihak kepolisian sejak pukul 06.35 WIB karena terjadi kepadatan arus lalu-lintas dalam momentum musim Libur Natal dan Tahun Baru atau Libur Nataru.

Polisi memberlakukan contraflow jalan tol Japek arah Cikampek. Sebagai ilustrasi [Musikpedia/Yacub].

Awalnya, contraflow diterapkan mulai Km 55 sampai 65. Lantas pukul 07.00 WIB, penerapan contraflow diperpanjang dari Km 47 sampai 65. Kemudian contraflow dimajukan mulai Km 36 hingga Km 65 untuk mengurai kepadatan lalu-lintas.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, rekayasa lalu-lintas berupa contraflow yang dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu-lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah tepat.

“Rekayasa lalu lintas melalui contraflow yang dilakukan pihak Korlantas Polri untuk mengurai kepadatan sudah tepat,” papar Menko Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis pada Sabtu (23/12/2023), setelah meninjau rest area Tol Jakarta-Cikampek Km 57, Kabupaten Karawang bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Aan Suhanan, dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin.

Tinjauan ini dilakukan untuk mengecek kepadatan arus kendaraan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang diprediksi mengalami puncaknya pada malam ini.

Dalam Libur Nataru kali ini, PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol.

Selain itu, juga dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi. Tujuannya untuk menjaga arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah jalan Tol Cipali agar tetap lancar selama Libur Nataru.

Selain itu, Tol Jakarta-Cikampek menuju Jawa Barat terutama ke daerah Gadog, Puncak Bogor masih terpantau normal namun harus tetap diwaspadai.

Lebih lanjut Menko Muhadjir Effendy mengungkapkan masih menemukan truk roda sumbu tiga atau lebih yang masih beroperasi meski sudah diberlakukan pembatasan sementara di masa Libur Nataru.

Dalam kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi meminta kepada Korlantas Polri untuk melakukan penegakan hukum bagi pengemudi truk sumbu tiga yang melanggar ketentuan aturan pembatasan sementara kendaraan barang.

“Kami juga meminta kepada operator logistik agar mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan tentang pembatasan kendaraan truk sumbu tig atau lebih,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi.

Kakorlantas Polri Aan Suhanan mengatakan akan melakukan upaya penegakan hukum yang lebih tegas bagi truk sumbu tiga atau lebih yang masih beroperasi di ruas tol guna memperlancar dan meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan masyarakat.

Berdasarkan data Korlantas Polri, peningkatan arus kendaraan ruas Tol Jakarta-Cikampek mulai terjadi sejak Sabtu (23/12/2023) jam 06.00 WIB sekitar 7.000 kendaraan yang melintas. Hingga saat ini, untuk mengurai kepadatan pada ruas ini telah dilakukan rekayasa lalu-lintas melalui contraflow dua lajur. Pihak Korlantas memperpanjang contraflow yang semula dari Km 47 menjadi dari Km 36.

Turut hadir dalam tinjauan ini adalah Kapolda Jawa Barat Achmad Wiyagus, Dirut Jasa Raharja Rivan Purwantono, Direktur Lalin Ditjen Perhubungan Darat Ahmad Yani, Dirut Jasa Marga Syukur Surbakti.

Kabar terkini, rekayasa lalu-lintas contraflow di jalan tol Jakarta-Cikampek yang diterapkan Sabtu pagi telah dihentikan setelah semakin mencairnya kepadatan arus lalu-lintas. Demikian dipaparkan Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol.

Rekayasa lalu-lintas contraflow yang ditetapkan sejak Sabtu pagi dihentikan pada pukul 20.00 WIB setelah arus lalu-lintas berangsur normal.

Ria Marlinda Paallo menyebutkan pada Sabtu malam ini, setelah contraflow dihentikan, arus lalu-lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar di kedua arah.

Sumber: www.suara.com

Related posts