Drama Motorsport “Senna” Bingkiskan Kenangan Insan F1

Musikpedia – Kabar menarik dari Netflix, khususnya bagi para penyuka olah raga motorsport single seater Formula 1 (F1), para insan F1, bahkan generasi muda yang ingin mengenal sosok pembalap legendaris asal Sao Paulo, Brasil ini.  Sebentar lagi beredar mini seri drama motorsport bertajuk “Senna”.

Trailer bakal tayangan yang nantinya berupa mini seri drama motorsport enam episode sudah mulai ditebar Netflix, utamanya Netflix Brasil, dan sukses membuat calon penonton menunggu-nunggu.

Read More

Utamanya menantikan “jawaban” apakah film itu bakal menyajikan sudut pandang baru serta keseharian sang tokoh utama, Ayrton Senna da Silva yang belum ketahui banyak orang. Atau malahan menjadi semacam repetisi dari versi film dokumenter “Senna” yang sukses  pada 2010.

Pengumuman Netflix tentang film mini series motorsport “Senna”[screenshot X].

Film dokumenter “Senna” yang disutradarai Asif Kapadia serta diproduseri James Gay-Rees serta Tim Bevan itu berhasil meraih penghargaan BAFTA (British Academy of Film and Television Arts) sebagai Best Documentary dan Best Editing Film, Sundance Film Festival, Los Angeles Film Festival, serta Melbourne International Film Festival, dan Adleaide Film Festival.

Kini, kisah tentang Juara Dunia F1 tiga kali (1981, 1990, 1991) bersama McLaren F1 Team ini tampil dalam mini seri drama olah raga biopic, diperankan oleh aktor Brasil, dengan jalinan cerita sejak Ayrton Senna balap karting di Britania Raya, hingga kepergiannya yang tragis dalam Grand Prix (GP) F1 San Marino 1994.

Dikutip dari Autosport, Viviane Senna Lalli, kakak perempuan mendiang Ayrton Senna menyatakan bahwa keluarganya memiliki komitmen agar film yang disajikan Netlix ini menyuguhkan sesuatu hal unik, dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Termasuk fakta tentang Ayrton Senna sebagai bagian dari keluarga yang tidak terekam dalam film dokumenter “Senna” dengan materi seluruh hasil rekaman balapan Sang Juara semasa masih hidup ditambah video dokumentasi pribadi keluarga.

“Jadi sangatlah istimewa untuk bisa mengumumkan bahwa kami sebagai pihak keluarga akan menceritakan kisah tentang Ayrton yang hanya diketahui sedikit orang,” ungkap Viviane Senna Lalli, ibunda Bruno Senna Lalli, mantan pembalap F1 serta balap endurance antara lain Le Mans 24 Hours.

Netflix bakal merilis “Senna“–jangan rancu judulnya sama dengan film dokumenternya–sekira pertengahan hingga pemungkas 2024.

Jadwal ini mundur sekira dua tahun dari waktu awal. Di mana pengumuman dilakukan pada September 2020 bahwa produksi film drama motorsport tentang Ayrton Senna mulai bergulir. Sayangnya, situasi pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penundaan.

Sehingga target awal untuk rilis pada 2022 tidak terlaksana. Nama-nama pemerannya baru diumumkan pada Oktober 2023, dan jadwal tayang pun mengalami perubahan.

Mini seri “Senna” dibuka dengan kepindahan Senna ke Inggris pada 1981 untuk bertanding dalam kejuaraan Formula Ford 1600, kemudian ke pentas F1 dan 41 kemenangan Grand Prix (GP).

Netflix juga membidik situasi persaingan sengit antara Ayrton Senna dengan rekan setimnya di McLaren, Alain Prost, yang menarik perhatian seluruh insan F1 karena keduanya berseteru dalam upaya untuk menjadi juara dunia.

Sampai akhirnya terjadi petaka di Autodromo Enzo e Dino Ferrari pada 1 Mei 1994 dan berakhir tragis. Pemerintah Brasil pun mengumumkan tiga hari berkabung nasional sehingga warga mendapat kesempatan untuk mengucapkan selamat berpisah di depan peti jasadnya.

Mini seri drama motorsport “Senna” buatan Netflix akan hadir dalam kemasan multibahasa karena difilmkan dalam bahasa Portugis Brasil, dan Inggris. Sedangkan  pengambilan gambarnya dilakukan di berbagai lokasi di seluruh dunia, seperti lokasi sirkuit F1 di seluruh penjuru dunia yang didatangi Ayrton Senna.

Seluruh pemain mini seri motorsport "Senna" yang akan tayang di Netflix [picture courtesy of Netflix].
Seluruh pemain mini seri motorsport “Senna” yang akan tayang di Netflix [picture courtesy of Netflix].

Aktor Brasil Gabriel Leone akan memerankan Ayrton Senna dalam serial Netflix, bersama Matt Mella sebagai Alain Prost.

Kemudian ada sederet pemain asal Brasil, seperti Alice Wegmann, Camila Mardila, Christian Malheiros, Gabriel Louchard, Hugo Bonemer, Pamela Tome, dan Susana Ribeiro.

Dua pemain kondang lainnya, adalah Kaya Scodelario yang bermain di film Pirates of the Caribbean akan turut memberikan warna dalam film ini. Demikian pula Steven Mackintosh, salah satu peyandang nominasi BAFTA yang akan berperan dalam dua episode sebagai Frank Williams, Team Principal dan CEO Williams– tempat Ayrton Senna bergabung usai kontrak dengan McLaren.

Sumber: www.suara.com

Related posts