Dave Myers dari The Hairy Bikers Tak Lagi Masak dan Menunggang Motor

Musikpedia – Bagi pencinta dunia roda dua dan atau penyuka acara kuliner, program televisi The Hairy Bikers yang dibintangi duo Si King dan Dave Myers pasti menjadi salah satu tontonan seru.

Keduanya travelling naik moge atau motor gede di seantero Britania Raya serta berbagai tempat menarik di dunia dan mencicipi berbagai hidangan lokal. 

Read More

Tidak jarang pula menunjukkan demo masak yang serba sedap dengan teknik seru.

Dikutip dari BBC dan beberapa sumber media sosial, Dave Myers meninggal dunia pada Kamis (29/2/2024).

Si King (kiri) dan Dave Myers, duo bikers dan pencinta kuliner khas dalam persahabatan bikers brotherhood yang diabadikan lewat program televisi Inggris The Hairy Bikers [picture courtesy of The Hairy Bikers]

Berpulang dalam usia 66 tahun dan meninggalkan istri asal Rumania yang ditemui saat touring bermotor, Dave Myers yang lahir di Barrow-in-Furness, England jumpa dengan Si King sekira 20 tahun lalu.

Keduanya memiliki kesukaan dalam dunia otomotif, khususnya roda dua. Gemar touring ke luar kota serta membangun interaksi dengan warga setempat. Poin yang membuat tayangan televisi mereka selalu seru.

Kesukaan Dave Myers akan sepeda motor dimulai sejak ia belia. Ayahnya bekerja di pabrik kertas dan setiap kali pergi memancing selalu memboncengkannya naik kendaraan roda dua.

Sementara sang ibu bekerja sebagai pengemudi derek yang cakap luar biasa memasak.

Dua hal itulah yang membentuknya menjadi pribadi seru. Gemar bermotor sekaligus piawai bak koki profesional.

Pertemuan dengan Si King terjadi semasa Dave Myers menjadi tenaga rias lelaki pertama BBC. 

Buat generasi 1990-an yang akrab dengan penampilan para musisi Britania Raya pasti teringat penampilan unik Adam Ant. Dave Myers lah sosok penata rias alias make up artist (MUA) yang membuat penyanyi satu ini punya ciri khas wajah dicoret-coret.

Saat bertugas menjadi MUA film The Gambling Man karya Catherine Cookson, David Myers bertemu Si King, yang bertugas sebagai asisten sutradara. Sama-sama menyukai moge, jadilah mereka teman dalam konteks biker brotherhood sampai membuat kisah perjalanan bermotor dibalut kesukaan kuliner.

Bersama Si King, Dave Myers menjadi bintang The Hairy Bikers’ Cookbook di BBC TV mulai 2006.

Selanjutnya banyak lagi edisi yang mereka garap berdua. Seperti The Hairy Bikers Ride Again, The Hairy Bikers’ Food Tour of Britain, The Hairy Bikers: Mums Know Best, The Hairy Bikers’ Asian Adventure, dan Hairy Bikers: Best of British.

Seri The Hairy Bikers’ Asian Adventure termasuk salah satu yang menjadi favorit untuk sebagian penonton Benua Asia. Selain hidangan penuh warna, situasi jalan hiruk-pikuk memberikan sensasi berbeda. Antara lain saat keduanya berada di Bangkok dan Singapura.

Sebagai salah satu bintang The Hairy Bikers, Dave Myers menyimpan kisah ironis yang ia bagikan secara bersahaja saat berbincang dalam sebuah wawancara radio BBC.

Ia menderita alopecia atau kebotakan hingga usia sekira 40 tahun. Sementara program yang dibawakannya menuntut penampilan sebagai biker gondrong.

Dari pemeriksaan, didapati tumor di otak dan kemudian dioperasi. Sejak itulah rambut di kepalanya bisa menyesuaikan dengan program yang dibawakannya bersama Si King.

Dua tahun silam, Dave Myers divonis menderita kanker, dan kini ia berpulang.

Kabar duka kepergiannya menggema dan para staf BBC sampai para penggemar serta biker yang pernah berjumpa dengannya menyatakan bela sungkawa mendalam.

Touring berdua Si King dan Dave Myers kini jadi kenangan [picture courtesy of The Hairy Bikers]
Touring berdua Si King dan Dave Myers kini jadi kenangan [picture courtesy of The Hairy Bikers]

Si King sebagai salah satu orang terdekat Dave Myers sangat terpukul oleh kepergian sahabatnya itu.

“Saya bakal merindukannya setiap hari. Bukan main, separuh hidup saya jalani bersamanya sebagai rekan kerja dan sahabatnya,” ungkap Si King.

Selamat jalan, Dave Myers. Travelling bermotormu sungguh menginspirasi. Selamat touring abadi di surga.

Sumber: www.suara.com

Related posts