Daihatsu Indonesia Pertahankan Posisi Penjualan 15 Tahun Beruntun

Musikpedia – Pasar otomotif Nasional senantiasa bergerak selaras kebutuhan konsumen, dan dalam perjalanannya, brand atau merek pilihan para pembeli memberikan gambaran tentang produk yang diinginkan. Pencapaian ini adalah hal penting, seperti ditorehkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dikutip dari rilis resmi Daihatsu Indonesia sebagaimana diterima Musikpedia, PT Astra Daihatsu Motor berhasil mempertahankan posisi nomor dua atau kedua di pasar otomotif Nasional selama 15 tahun berturut-turut, mulai 2009.

Read More

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sehingga Daihatsu dapat menutup 2023 dengan pencapaian positif, sekaligus mempertahankan posisi nomor dua penjualan otomotif Nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009,” sambut Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

Daihatsu Granmax MB 1.5 D PS. Sebagai ilustrasi keluarga Gran Max [PT Astra Daihatsu Motor].

“Semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” tambahnya.

Untuk penjualan sepanjang 2023, pasar otomotif Nasional mencapai sekira 998 ribu unit. Sedangkan Daihatsu Indonesia mencatatkan perolehan 194.108 unit, atau naik 2,9 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022, yaitu sejumlah 188.660 unit.

Dari pencapaian ini, penjualan retail Daihatsu selama 2023 berkontribusi sebesar 19,4 persen market share otomotif Nasional. Atau naik sebesar 0,8 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 yang mencapai 18,6 persen.

Daihatsu New Terios R Custom warna Greenish Gun Metal [PT Astra Daihatsu Motor].
Daihatsu New Terios R Custom warna Greenish Gun Metal, sebagai salah satu generasi terkini Daihatsu Terios [PT Astra Daihatsu Motor].

Secara volume dan kontribusi model, penjualan retail Daihatsu selama 2023 didominasi top three model, yaitu:

  • Astra Daihatsu Sigra sebanyak 63.285 unit, atau berkontribusi sekitar 32,6 persen
  • Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 43.896 unit atau 22,6 persen
  • Daihatsu Terios mencapai 24.785 unit atau 12,8 persen.

Tidak berbeda jauh, dalam hal penjualan setiap model di setiap segmen pasar otomotif Nasional terdapat tiga model Daihatsu yang berada di urutan pertama sebagai pilihan masyarakat Indonesia. Yaitu:

  • Astra Daihatsu Sigra dengan kontribusi sebesar 58 persen di segmen pasar LCGC MPV
  • Daihatsu Gran Max Pick PU sekitar 49 persen dari segmen Pick Up Low
  • Daihatsu Gran Max MB (Mini Bus) sebesar 85 persen dari segmen pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 12.444 unit.

Sumber: www.suara.com

Related posts