Compact SUV Tangguh untuk Sehari-hari Selera Reli

Musikpedia – Pertanyaan menggelitik Musikpedia langsung menyapa Rifat Sungkar saat menyimak sosok Mitsubishi XForce: apakah akan ada unit kendaraan ini yang akan dijadikan rally car atau mobil reli?

Maklum, nama Mitsubishi kondang di dunia reli (rally). Kemenangan pereli putri Jutta Kleinschmidt pada 2001 di Paris-Dakar Rally dengan andalan Mitsubishi Pajero terus menggema di kepala. Kendaraan andalan itu menjadikannya sebagai perempuan satu-satunya–sampai kini–yang memenangkan reli terdahsyat di muka Bumi.

Read More
Jutta Kleinschmidt di Museum Michael Schumacher, Jerman [Instagram: Jutta Kleinschmidt]

Sementara Rifat Sungkar sendiri juga seorang pereli Nasional ternama yang telah malang-melintang di cabang motorsport ini, berlaga dalam skala nasional, Asia Pasifik, Rally of America, sampai World Rally Championship (WRC).

Ia pernah menyatakan, “Bagi saya, Mitsubishi bukan cuma mobil tetapi partner hidup. Dari mulai berkarier sampai hari ini tetap Mitsubishi. Dan Mitsubishi sudah belasan kali membawa saya kepada kemenangan nasional, sehingga saya sendiri memiliki keyakinan akan brandnya.”

Beberapa kemenangan yang monumental adalah keberhasilan gemilang Rifat Sungkar (driver) dan M Redwan (co-driver) memenangkan Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2019 dan 2021 (2020 jeda karena COVID-19) dengan andalan Mitsubishi Xpander AP4. Kemudian di Asia Pacific Rally Championship atau APRC 2022 bersama Benjamin Searcy (co-driver), bersama kendaraan sama.

Mitsubishi Xpander spesifikasi Rally Car yang dibesut driver Rifat Sungkar dan co-driver M. Redwan [PT MMKSI].
Mitsubishi Xpander AP4 yang memiliki spesifikasi Rally Car dengan driver Rifat Sungkar dan co-driver M. Redwan [PT MMKSI].

Tunggangan ini dipreparasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Ralliart New Zealand di bawah bendera Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT).

“Saat Mitsubishi bakal membuat mobil balap dengan basis Mitsubishi Xpander, semua orang bingung: mengapa Xpander? Namun saya ingin membawa hype rally agar mendapat atensi besar dari publik, dengan mobil yang populer. Dan Xpander populer. Akan tetapi ukuran mobilnya tidak biasa, sehingga kami memiliki disadvantage dibandingkan pereli lain,” kenang Rifat Sungkar yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bidang Mobility.

“Orang tidak percaya mobil ini bisa kompetitif. Tetapi dengan keunggulan produk, brand paling depan, paling atas, akhirnya kami bisa menjadi juara nasional. Dan di situlah nama dari brand representatif Mitsubishi semakin dipercaya masyarakat,” lanjutnya.

“Kemudian dalam waktu bersamaan, reli menjadi populer karena banyak sekali orang memiliki Xpander. Mereka jadi merasa bagian dari kemenangan ini,” ungkap pembalap dengan sapaan Rifato, tanpa bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena mampu membawa kembali kebesaran dunia reli di Tanah Air.

Berlanjut kepada Mitsubishi XForce yang hadir setelah Mitsubishi Xpander, Rifat Sungkar menyatakan compact SUV (Sport Utility Vehicle) ini memiliki konsep utama daily driven car dengan efisiensi bahan bakar yang baik.

“Menjadi sebuah paket komplet antara comfort driving dengan sound quality yang bagus hasil kerja sama Mitsubishi Motors dengan Yamaha yang menghasilkan Dynamic Sound Yamaha Premium. Sehingga XForce bisa membawa kenangan saat dibawa berkendara, juga memberikan performa serta bertenaga,” paparnya tentang primadona PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) itu.

Dengan handling lebih ringan dibandingkan Mitsubishi Xpander, maneuverability bagus, visibilitas baik, serta sitting position sangat membantu pengguna, dipadu ground clearance tinggi mencapai 222 mm, Rifat Sungkar mendukung bahwa produk ini bisa diandalkan siapa saja yang menikmati gaya mengemudi seru.

Bahkan segmen khusus yang dibidik adalah kaum perempuan. Bila nyaman untuk mereka, maka siapa saja juga akan menikmati kegiatan di balik kemudi Mitsubishi XForce.

Mengingat banyaknya fitur yang menjadikan Mitsubishi XForce agile di segala kondisi jalan atau trek, sebagai seorang atlet motorsport Rifat Sungkar mengungkap kendaraan ini bisa “berbicara” banyak dalam kompetisi atau kejuaraan.

“Mitsubishi Indonesia saat ini tengah mempertimbangkan Mitsubishi XForce untuk keperluan motorsport, akan tetapi belum kami tentukan akan diterjunkan di bidang kejuaraan reli atau lainnya. Yang jelas kami sudah mempunyai rencana untuk develop kendaraannya. Masih dalam taraf pertimbangan,” ujarnya penuh harap.

Menurutnya, dengan sederet perangkat bantuan mengemudi mulai traction control, driving mode, CCTV, gearbox ABS, dan lain-lain maka tips yang bisa diberikan oleh seorang Rifat Sungkar adalah satu kata, “so easy“.

“Handling akan dibantu driving mode: Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Juga ada stability electronic system. Jangan takut mengemudikan mobil ini ke mana saja, karena tidak ada kendala. Dan konfigurasi tempat duduk lima penumpang namun memiliki kelegaan ruang sedemikian besar, ini sebuah pilihan seru,” tukas Rifat Sungkar sembari menambahkan, “Jangan lupa doakan agar mobil relinya cepat jadi!”

Mitsubishi XForce di pentas IIMS 2024, seperti dipaparkan Brand Ambassador Mitsubishi, produk ini sangat representatif dengan kebutuhan konsumen Tanah Air [Musikpedia/CNR ukirsari].
Mitsubishi XForce di pentas IIMS 2024, seperti dipaparkan Brand Ambassador Mitsubishi, produk ini sangat representatif dengan kebutuhan konsumen Tanah Air [Musikpedia/CNR ukirsari].

Spesifikasi Mitsubishi XForce

Kategori: Compact SUV
Body style: Sport Utility Vehicle
Jumlah pintu: lima
Dimensi: 4.390 mm (panjang) x 1.810 mm (lebar) x 1.660 mm (tinggi)
Mesin: 4 silinder
Konfigurasi mesin: silinder lurus
Kapasitas: 1.499 cc
Dimensi: 4.390 mm (panjang) x 1.810 mm (lebar) x 1.660 mm (tinggi)
Ground clearance: 222 mm
Gerak roda: Front-wheel Drive (FWD)
Transmisi: CVT (matik)
Ban: 225/50R18
Pilihan warna: Energetic Yellow, Red Metallic, Jet Black Mica, Quartz White Pearl, Graphite Grey, dan Silver Metallic
Tipe: Ultimate dan Exceed
Pilihan

Fitur spesial Ultimate

Drive Mode Selector (Normal/Wet/Gravel/Mud)
Dynamic Sound Yamaha Premium
Auto Lighting Control
Hands Free Power Liftgate with Kick Sensor
Smartphone Wireless Charger
Nanoe™ X (untuk kualitas udara bebas virus).
Ambient Lighting
Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
12.3 inch SDA with M-Connect Android Auto/Apple Carplay/Weblink/SDL Wired
Wireless Charger

(catatan: tidak terdapat di varian Exceed)

Harga

Mitsubishi Exceed CVT Rp 379.900.000
Mitsubishi Ultimate CVT Rp 412.900.000

Sumber: www.suara.com

Related posts