Chery Omoda E5 Pilih Gunakan Baterai LFP Untuk Keamanan

Musikpedia – PT Chery Sales Indonesia (CSI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Chery di Indonesia, buka-bukaan lebih memilih menggunakan baterai LFP (Lithium Ferrous Phosphate) untuk mobil listrik Chery Omoda E5 yang segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Read More

Perusahaan otomotif asal China ini menilai, penggunaan baterai LFP merupakan salah satu teknologi baterai mobil yang paling aman dan tahan lama saat ini.

“Baterai LFP memiliki bahan katoda terbuat dari besi fosfat, yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Baterai ini juga lebih aman karena tahan panas dan tidak mudah meledak,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Departemen PT CSI, dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Lebih lanjut, Rifkie menambahkan, baterai LFP tahan terhadap tusukan benda tajam dan lebih stabil jika terkena suhu panas. 

“Teknologi baterai LFP Chery Omoda E5 juga aman saat melewati banjir hingga ketinggian 45 cm saat musim hujan,” jelas Rifkie.

Mobil listrik Chery Omod E5 memiliki ground clearance 190 mm dan dilindungi plat baja sebagai antisipasi jika baterai terkena benturan keras. 

Baterai LFP Chery Omoda E5 berkapasitas 61 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 430 km dengan metode WLTP (Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure) dan 505 km dengan metode NEDC (New European Driving Cycle) untuk satu kali pengisian penuh baterai. 

Mobil listrik ini juga dilengkapi fitur Fast Charging yang dapat mengisi daya baterai dari 30% hingga 80% hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Baterai LFP juga memiliki keunggulan lain, seperti pelepasan panas yang lambat, produksi panas yang rendah, suhu awal tinggi untuk reaksi eksotermik, dan kemampuan untuk tidak melepaskan oksigen saat rusak. 

Chery Omoda E5 akan resmi hadir pada 5 Februari 2024 dan Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Chery Omoda E5 di dunia.  

Kehadiran Chery Omoda E5 tentu saja akan semakin memperketat persaingan mobil listrik di Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts