Bukan Kijang Apalagi Panther, Ini Mobil Ahok Saat Dulu Masih Jadi Bupati

Musikpedia – Tak seperti pejabat atau tokoh publik lainnya, Ahok, alias Basuki Tjahaja Purnama diketahui memang tak suka beli-jual gonta-ganti mobil. Setidaknya begitulah menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari pria berinisial BTP ini, dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, dalam laporan terbaru pun, yang dipublikasikan 2022, ia juga kedapatan tak memiliki kendaraan, walau ia tercatat punya total harta sebanyak Rp 53.667.208.314, yang termasuk 23 bidang tanah yang sebagian besar terletak di Bekasi.

Read More

Namun lain halnya dengan waktu saat ia masih menjabat sebagai Bupati Belitung Timur, 2005 silam.

Menurut LHKPN tahun itu, ia sempat punya tiga “harta bergerak” di mana dua di antaranya berwujud mobil, sementara satunnya adalah alat berat.

LHKPN koleksi kendaraan Ahok waktu masih Jadi Bupati Belitung Timur. (LHKPN/KPK)

Mobil tersebut di antara lain adalah Mitsubishi Kuda, yang mana ia peroleh tahun 2001, yang kala itu nilainya berkisar di angka 85 jutaan.

Selain itu, ia juga punya mobil dengan jenis Nissan X-Trail tahun pembuatan 2003, dan diperoleh di tahun yang sama, dengan taksiran nilai jual sebesar 200 jutaan rupiah.

Sementara itu yang nyeleneh adalah kepemilikan alat berat bermerek Komatsu tahun pembuatan 1998 yang nilainya 450 jutaan rupiah.

Spesifikasi dan harga Mitsubishi Kuda

Mitsubishi Kuda atau di luar negeri bernama Mitsubishi Adventure. (Favcars)
Mitsubishi Kuda atau di luar negeri bernama Mitsubishi Adventure. (Favcars)

Dikenal bukan sebagai mobil murahan di masa jayanya, namun makin ke sini harga dari mobil jenis MPV ini makin terjangkau.

Menurut pantauan Musikpedia di situs jual beli mobil bekas, kendaraan ini banyak dilego di angka mulai dari 50 jutaan hingga tembus 70 jutaan, tergantung kondisi dan tahun produksi tentunya.

Perlu diketahui bahwa kompetitor dari Isuzu Panther dan Toyota Kijang ini terbagi dalam tiga tipe mesin yaitu bensin 1.6 L yang masih pakai karburator, bensin 2.0L yang telah mengadopsi injeksi, dan juga diesel 2.5L, di mana mesin diesel ini identik dengan milik Mitsubishi L300 tetapi menghasilkan tenaga yang lebih besar 86 hp @4.200 Rpm.

Sumber: www.suara.com

Related posts