Biar Cepat Laku, Ini Cara Jual Motor Bekas Secara Online

Musikpedia – Menjual motor bekas saat ini sangat mudah berkat adanya platform online. Selain marketplace online, media sosial juga bisa digunakan untuk memasarkan motor second.

Hanya saja jual motor online juga bisa membuat calon pembeli kurang percaya pada penjual, karena tidak bisa bertatap muka langsung.

Read More

Karenanya ada beberapa tips penting saat akan menjual motor online yang perlu dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia:

Benahi kondisi motor

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi motor secara menyeluruh, baik mesin maupun eksterior. Tujuannya agar motor terlihat prima sehingga membuat calon pembeli terkesan.

Alangkah baiknya, sebelum dipasarkan, motor dibawa dulu ke bengkel untuk menjalani perawatan.

Cek harga pasar

Tidak bisa disangkal, calon pembeli motor bekas akan lebih tertarik pada barang yang harganya lebih murah. Karenanya penting untuk mengecek harga pasaran motor bekas, agar bisa menetapkan harga yang setara atau setidaknya sedikit di bawah pasaran.

Ilustrasi motor bekas. (instagram/@azzahra_motor77)

Surat-surat

Surat-surat kendaraan adalah salah satu faktor yang jadi pertimbangan utama calon pembeli. Pastikan surat-surat kendaraan yang akan dijual lengkap dan pajak sudah dibayar lunas.

Motor bekas yang suratnya tidak lengkap juga akan mudah dicurigai sebagai hasil kejahatan.

Visual

Tak kalah penting memperhatikan tampilan visual motor bekas yang dijual di platform online. Pastikan sebelum dipajang di internet, motor dirapihkan dan dibersihkan.

Selain itu, usahakan mengambil foto serta video motor Anda dengan baik dan dari berbagai sisi. Juga jangan ragu perdengarkan raungan mesin saat motor dinyalakan.

Pilih platform yang tepat

Jajakanlah motor bekas di platform yang tepat. Jika menjual di media sosial, pastikan kamu masuk ke komunitas yang sesuai dengan jenis motor bekas yang akan dijual.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak platform jual beli online kendaraan bekas yang bisa kamu manfaatkan.

Waspadai penipuan

Terakhir adalah soal transaksi. Pastikan bertemu langsung dengan calon pembeli saat bertransaksi. Sebaiknya transaksi dilakukan ditempat ramai untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan.

Demikianlah cara jual motor bekas secara online yang tepat. Semoga membantu!

Sumber: www.suara.com

Related posts