Bermotor Tertimpa APK, Silakan Lapor ke Sini

Musikpedia – Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim hujan, dan tidak jarang disertai embusan angin kencang. Selain konsentrasi dan fokus dengan kondisi ini saat bermotor, ada lagi yang perlu diperhatikan. Yaitu APK atau Alat Peraga Kampanye.

Dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (17/1/2024) ada APK yang roboh dan menyebabkan kecelakaan sebuah sepeda motor di sekitar Jembatan Layang Kuningan, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Read More

“Pengakuan korban, dari bendera partai dipasang di sepanjang fly over itu ada yang jatuh mengenai motor kemudian terseret dan tersangkut sehingga menyebabkan motor dan korban terjatuh,” jelas Kompol David Kanitero, Kapolsek Mampang Prapatan Metro Jakarta Selatan di Jakarta.

Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) terpasang di Jalan Dr. Saharjo, Tebet, Jakarta, Selasa (19/12/2023). [Musikpedia/Alfian Winanto]

Dalam kejadian kejatuhan APK itu sedikitnya ada dua orang korban jatuh, yaitu suami istri atas nama M. Salim (68) dan Oon (61) yang mendapatkan perawatan di RSUD Mampang Prapatan.

“Atas nama Salim mengalami lecet bagian kaki, jari kaki, robek 12 jahitan bagian pipi sebelah kanan wajah di atas bibir, kemudian atas nama Oon patah bagian tulang kering sebelah kiri, pergelangan tangan sebelah kiri dan lecet-lecet bagian lutut dan jari kaki,” lanjut Kompol David Kanitero. 

Terbaru, sebuah spanduk atau baliho dimensi besar milik salah satu calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jalan KRT Radjiman Widyoningrat, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, roboh pada Senin (22/1/2024).

Lagi-lagi, jatuh korban. Ada pengendara motor yang melintas di ruas jalan itu. 

Nirwan (30), salah satu saksi mata menyatakan peristiwa terjadi sekira pukul 11.00 WIB ketika angin di Jalan KRT Radjiman bertiup cukup kencang.

“Tiba-tiba baliho roboh karena angin kencang. Baliho itu menimpa pengendara motor yang sedang melintas,” paparnya.

Ada pun baliho yang roboh itu bergambar Wasekjen DPP PSI Ilma Sovri Yanti, caleg DPR RI Daerah Pemilihan (dapil) DKI Jakarta 1 (Jakarta Timur).

Baliho dipasang di trotoar pemisah jalan dan roboh ke jalan dari arah Cakung ke jembatan Buaran.

Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Kabid Humas Polda Metro Jaya meminta warga DKI Jakarta dan sekitarnya melapor ke 110 jika ada baliho termasuk APK Pemilu 2024 yang mengganggu pengendara di jalan raya.

“Bapak Kapolri sudah menyiapkan 110, nomor telepon aduan gratis dan kami diperintahkan seluruh jajaran oleh Bapak Kapolda Metro Jaya untuk melakukan sosialisasi bahwa ada nomor telpon gratis,” tandas Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Polda Metro Jaya, Selasa (23/1/2024).

Ia menambahkan bahwa nomor 110 juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghubungi pihak Kepolisian apabila menemukan gangguan keamanan dan ketertiban ataupun menjadi korban kejahatan. 

“Silahkan menggunakan fasilitas itu,” pungkas Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi.

Sumber: www.suara.com

Related posts