Berapa Daya Rumah Minimal untuk Ngecas Motor Listrik? Ini 5 Faktanya

Musikpedia – Motor listrik semakin populer dengan kenyamanan dan kepraktisan dalam pengisian daya. Namun, berapa daya rumah minimal yang diperlukan untuk mengecas motor listrik?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah 5 fakta penting terkait kebutuhan daya untuk mengecas motor listrik di rumah.

Read More
Pekerja menata sepeda motor listrik Gesits yang telah selesai dirakit di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021). [Antara/Aditya Pradana Putra]

1. Daya Minimal untuk Gesits

Motor listrik Gesits, yang menawarkan kemudahan pengisian baterai di rumah, membutuhkan setidaknya daya minimal 900 Watt.

Proses pengecasan dapat dilakukan dengan membuka jok motor, mengambil baterai, dan mencolokkannya ke colokan biasa atau langsung ke power socket di motor jika jaraknya dekat.

2. Pilihan Pengecasan di SPKLU

Pengguna motor listrik dapat memilih untuk mengecas baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan menggunakan voucher token yang dibeli melalui PLN.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai dari 0% hingga penuh adalah sekitar 3-4 jam.

Motor Listrik Polytron Fox R (X/@roob99pud)
Motor Listrik Polytron Fox R (X/@roob99pud)

3. Model Motor Listrik Lain

Selain Gesits, beberapa model motor listrik lain yang dapat diisi ulang di rumah antara lain Selis, Polytron, Yadea, dan Honda. Untuk motor listrik United dan Polytron, daya listrik minimal yang dibutuhkan adalah 1.300 Watt.

4. Cara Pengisian dan Daya Motor United

Motor listrik United dapat diisi daya dengan dua cara, yaitu Swap Battery atau Direct Charging. Proses charging dapat dilakukan dengan menghubungkan soket listrik ke sumber listrik dengan daya minimal 1.300 Watt.

5. Daya Rumah untuk Motor Listrik Lainnya

Motor listrik Yadea memerlukan daya listrik rumah minimal 660 Watt. Honda EM1 e juga dapat diisi ulang di rumah, meskipun Honda tidak memberikan informasi gamblang tentang daya minimal yang diperlukan. Namun, diperkirakan kebutuhan daya charging output sekitar 400 Watt.

Pemilihan motor listrik tidak hanya berkaitan dengan performa dan desain, tetapi juga mempertimbangkan ketersediaan daya rumah yang memadai untuk proses pengisian yang efisien.

Sumber: www.suara.com

Related posts