Belum Banyak yang Tahu, Ini Beda Balap MotoGP dengan WSBK

Musikpedia – Bagi pencinta balap roda dua, tentu hal yang paling teringat di pikiran adalah MotoGP. Namun ada juga balap motor yang memiliki kasta identik dengan MotoGP, yakni World Superbike (WSBK).

Dari dua balapan yang tersebut, tentu tak sedikit dari pencinta roda dua memahami perbedaannya.

Read More

Padahal jika melihat di layar kaca, para pembalap yang ikut ajang balap tersebut sama-sama menggunakan motor sport yang memiliki kecepatan luar biasa.

Meski sama-sama menggunakan motor sport yang memiliki speed kencang, ada perbedaannya yang mendasar dari kedua ajang balap dunia ini.

Indahnya, beda “dunia” namun harmonis. Toprak Razgatlioglu dari cabang WorlSBK dan Valentino Rossi dari MotoGP berdampingan di Sirkuit Portimao [WorldSBK]

Berikut perbedaan antara MotoGP dan WSBK dilansir dari Rideapart.

1. Unit Motor

Pada MotoGP, unit yang dipakai merupakan prototipe yang dibuat khusus untuk balapan. Motor tersebut dilarang untuk dipakai jalanan pada umumnya.

Untuk WSBK, motor yang digunakan pembalap merupakan unit yang bisa dipakai di jalanan namun dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengikuti ajang balapan.

2. Teknologi

MotoGP telah menggunakan teknologi paling canggih. Tak pelak pabrikan berlomba-lomba untuk melakukan inovasi pada motor demi menciptakan teknologi canggih pada motornya.

Sedangkan WSBK memiliki regulasi yang lebih ketat untuk menjaga keseimbangan antara performa dan biaya.

3. Biaya

Motor MotoGP memiliki nilai lebih mahal ketimbang dengan motor yang digunakan di WSBK. Dan anggaranya tim MotoGP lebih gede jika dibandingkan tim WSBK. Atau bisa dibilang anggaran tak terbatas untuk pengembangan motor MotoGP.

4. Performa

Motor MotoGP umumnya 1-1,5 detik lebih cepat per lap daripada motor WorldSBK.

5. ECU

MotoGP menggunakan ECU dan perangkat lunak standar untuk memastikan persaingan yang adil. Sementara itu, tim WSBK bebas memilih, menyetel, dan memprogram ECU mereka, asalkan mereka tetap mematuhi batas pengeluaran yang ditentukan.

Sumber: www.suara.com

Related posts