Begini Ngerinya Kebakaran di Pabrik Mobil Listrik GM, 100 Petugas Damkar Turun Tangan

Musikpedia – Sebuah kebakaran terjadi pada tanggal 19 Desember tahun lalu di pabrik kendaraan listrik Factory Zero milik GM di Detroit, Michigan, yang menyebabkan kerusakan senilai 1 juta dolar AS atau kisaran Rp 15.731.200.000.

Belakangan ini, misteri terkait rincian kebakaran tersebut terkuak melalui laporan dari Carscoops. Produsen mobil ini meyakini bahwa sebuah forklift menusuk sebuah kontainer berisi bahan baterai, sehingga memicu kebakaran.

Read More

Pihak berwenang setempat merespons tempat kejadian dengan hampir 100 petugas pemadam kebakaran dan dua lusin truk pemadam kebakaran.

Seorang petugas pemadam kebakaran terluka setelah terpeleset di luar pabrik. Semua responden terpapar gas off-gas lithium-ion.

Kru pemadam kebakaran setempat berada di pabrik selama lebih dari tujuh jam. Lima palet baterai terbakar di dekat dermaga pemuatan ketika mereka tiba di lokasi kejadian.

GM memperkirakan bahwa baterai yang hancur bernilai sekitar $1 juta, dengan kerusakan properti senilai $300.000 yang disebabkan oleh kobaran api.

Ilustrasi pemadam kebakaran. (Pexels/Kinh)

Kepala pencegahan kebakaran Departemen Pemadam Kebakaran Detroit, Dennis Hunter, melaporkan bahwa departemen tersebut menanggapi beberapa insiden di pabrik antara musim panas dan Desember tahun lalu.

Dia juga menyebutkan bahwa departemen tersebut berkolaborasi dengan GM untuk mengembangkan rencana respons yang lebih baik.

Kebakaran akibat baterai kendaraan listrik sangat berbahaya, perlu antisipasi khusus

Dennis Hunter juga mengakui bahwa baterai mobil listrik menimbulkan bahaya baru bagi negara. Mereka berkolaborasi dengan Factory Zero untuk mengembangkan rencana respons yang lebih baik untuk menangani baterai ini jika terjadi limpasan panas atau kebakaran.

“Saat ini kami bekerja sama dengan Factory Zero untuk rencana tanggap darurat yang lebih baik. Kami bekerja sama dengan mereka untuk meningkatkan cara mereka menangani baterai EV yang mengalami limpasan panas atau terbakar. Akan sangat menguras sumber daya kami jika kami memiliki empat, delapan, atau 12 petugas pemadam kebakaran di lokasi mereka, tergantung pada ukuran kebakaran, itulah sebabnya kami bekerja sama dengan mereka untuk memiliki protokol internal yang lebih baik untuk menangani baterai kendaraan listrik ini.”

Juru bicara GM, Tara Kuhnen, menyatakan bahwa perusahaan menghubungi pemadam kebakaran setempat, terlepas dari tingkat keparahan insiden yang terjadi. Dia juga menyebutkan bahwa tidak semua insiden yang terjadi baru-baru ini terkait dengan baterai atau kebakaran.

Dia menyatakan bahwa keselamatan karyawan mereka adalah prioritas utama mereka. Mereka menghubungi pemadam kebakaran setempat untuk mendapatkan bantuan segera jika terjadi insiden, terlepas dari tingkat keparahannya. Beberapa insiden kecil dan dapat diatasi dengan cepat, sementara yang lain membutuhkan bantuan dari pemadam kebakaran.

Sumber: www.suara.com

Related posts