Begini Cara Kenali Mobil Bekas Banjir, Biar Tak Salah Pilih

Musikpedia – Deteksi mobil bekas banjir memang memerlukan kehati-hatian Terkadang, ciri-ciri yang terlihat tidak begitu mencolok, tetapi penting untuk memahaminya sebelum membeli mobil bekas.

Read More

Ada beberapa hal yang perlu diketahui calon konsumen tentang mobil bekas banjir. Berikut 5 ciri yang bisa dipelajari dilansir Auto 2000.

1. Karat yang Mencurigakan

Ciri pertama yang perlu diwaspadai adalah adanya tanda-tanda karat. Meski mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang, perhatikan bagian baut di rem tangan atau bagian bumper.

Karat di sana bisa menjadi petunjuk bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

2. Interior yang Tidak Menyenangkan

Periksa interior mobil dengan seksama. Meskipun sudah dibersihkan, mobil bekas banjir cenderung memiliki masalah interior. Bau tidak sedap, karpet yang bernoda, trim pintu yang rusak, atau bau jamur pada jok bisa menjadi indikator masalah ini.

3. Suara Mesin yang Kasar

Bukan hanya tampilan, tetapi suara mesin juga bisa memberi petunjuk. Mobil bekas banjir seringkali menghasilkan suara mesin yang lebih kasar karena air dapat masuk ke dalam mesin dan mencampur dengan oli. Perhatikan bunyi yang tidak biasa saat mesin menyala.

4. Harga Terlalu Murah

Jika penawaran harga terlalu murah untuk mobil bekas tertentu, sebaiknya tetap waspada. Harga yang jauh di bawah pasar mungkin menandakan bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir. Selalu kenali harga pasaran agar Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak.

5. Aroma yang Mencurigakan

Banjir yang telah masuk ke dalam kabin mobil dapat meninggalkan aroma tidak sedap. Jika tercium bau apek atau menyengat yang sulit dihilangkan, mungkin mobil tersebut memiliki sejarah banjir yang perlu diwaspadai.

6. Cek Asal Muasal Mobil

Perhatikan lokasi asal mobil tersebut. Jika mobil berasal dari daerah yang sering dilanda banjir, berpikirlah dua kali sebelum membelinya. Lokasi asal bisa memberi petunjuk mengenai kemungkinan mobil terkena banjir atau tidak.

7. Riwayat Perawatan yang Jelas

Periksa riwayat perawatan mobil dengan seksama. Mobil yang pernah terendam banjir mungkin memiliki catatan perawatan yang kurang baik. Pastikan ada bukti perawatan yang jelas, termasuk perangkat elektronik, mesin, dan klaim asuransi.

Sumber: www.suara.com

Related posts