Begini Cara Hindari Mabuk di Perjalanan dengan 6 Trik Ampuh Tanpa Obat

Musikpedia – Mabuk perjalanan bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Namun, dengan beberapa trik sederhana, Anda bisa mengurangi kemungkinan mengalami mabuk perjalanan.

Read More

Inilah enam trik tanpa obat yang bisa membantu Anda menikmati perjalanan tanpa kekhawatiran, dikutip dari situs resmi Daihatsu:

1. Jaga Pilihan Makanan Anda

Makanan yang berat dan sulit dicerna bisa menjadi pemicu mabuk perjalanan. Hindari makanan berminyak, daging berat, dan nasi sebelum perjalanan. Sebagai gantinya, pilih camilan ringan seperti biskuit, kacang-kacangan, atau buah-buahan. Camilan ini lebih mudah dicerna dan dapat menjaga perut tetap kenyang tanpa memberikan tekanan berlebih pada sistem pencernaan.

2. Pilih Posisi Duduk yang Nyaman

Posisi duduk yang tepat dapat membuat perbedaan besar. Saat bepergian dengan mobil atau bus, duduklah di kursi depan atau yang menghadap ke arah laju kendaraan. Untuk kapal laut, pilih kursi di bagian depan atau tengah kapal. Di pesawat terbang, kursi di dekat sayap atau jendela dapat membantu meminimalkan guncangan.

3. Jauhi Aroma Menyengat

Aroma tertentu dapat memicu mabuk perjalanan. Hindari area yang memiliki aroma kuat, seperti kafetaria atau ruang mesin. Pilih area yang memiliki sirkulasi udara baik untuk menghindari terpaparnya aroma yang dapat memicu mual.

4. Istirahat Cukup Sebelum Berangkat

Pastikan tubuh Anda berada dalam kondisi prima sebelum perjalanan. Istirahat yang cukup sebelum berangkat dapat membantu mengurangi kemungkinan mabuk perjalanan. Jangan ragu untuk beristirahat selama perjalanan jika diperlukan. Berhenti sejenak atau membuka jendela untuk mendapatkan udara segar dapat membuat perbedaan besar.

5. Konsumsi Banyak Cairan

Penting untuk tetap terhidrasi sebelum dan selama perjalanan. Konsumsi air dan minuman non-alkohol secara cukup dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Oksigen yang optimal dalam tubuh juga dapat membantu meredakan respons buruk terhadap guncangan kendaraan.

6. Mengatur Jarak Pandang

Mengatur jarak pandang dapat membantu mengurangi konflik antara apa yang Anda lihat dan apa yang dirasakan oleh otot dan sendi. Fokuskan pandangan pada satu titik yang jauh untuk membantu meredakan mual. Selain itu, aturlah jarak pandang agar sesuai dengan gerakan tubuh untuk mengurangi gangguan pada koordinasi tubuh.

Sumber: www.suara.com

Related posts