Bagaimana Cara Membaca Ukuran Ban? Simak Penjelasan Ini

Musikpedia – Mengganti ban mobil adalah salah satu aspek perawatan penting yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Namun, sebelum Anda memilih ban baru, penting untuk memahami cara membaca ukuran ban agar Anda dapat memilih yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Read More

Jangan khawatir, membaca ukuran ban sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut adalah panduan singkat tentang cara membaca ukuran ban:

Ilustrasi velg mobil. (Pixabay)

1. Lebar Ban (Angka Pertama)

Angka pertama pada ukuran ban menunjukkan lebar ban dalam satuan milimeter (mm). Lebar ban ini diukur dari sisi ke sisi, menunjukkan seberapa lebar ban tersebut. Semakin besar angka pertama, semakin lebar ban mobil.

Contoh: Jika ukuran ban Anda adalah 205/55 R16, angka 205 menunjukkan lebar ban adalah 205 mm.

2. Rasio Tinggi dan Lebar Ban (Angka Kedua)

Angka kedua pada ukuran ban menunjukkan rasio antara tinggi dan lebar ban. Angka ini dihitung sebagai persentase dari lebar ban. Semakin besar angka kedua, semakin tinggi rasio tinggi dan lebar ban. Rasio ini memberikan informasi tentang seberapa tinggi ban tersebut terhadap lebarnya.

Contoh: Dalam ukuran ban 205/55 R16, angka 55 menunjukkan bahwa rasio tinggi dan lebar ban adalah 55%. Jadi, tinggi ban adalah 55% dari lebarnya.

3. Diameter Velg (Angka Ketiga)

Angka ketiga pada ukuran ban menunjukkan diameter velg dalam satuan inci. Diameter velg adalah ukuran dari tepi velg satu sisi ke tepi velg sisi lainnya. Pastikan untuk memilih ban yang sesuai dengan diameter velg mobil Anda.

Contoh: Dalam ukuran ban 205/55 R16, angka 16 menunjukkan bahwa diameter velg yang cocok untuk ban tersebut adalah 16 inci.

Contoh Praktis

Misalkan Anda memiliki mobil Daihatsu Ayla Tipe D dengan ukuran ban 155/80 R13. Mari kita pecahkan:

– Lebar Ban (Angka Pertama): 155 mm
– Rasio Tinggi dan Lebar Ban (Angka Kedua): 80% dari lebar ban
– Diameter Velg (Angka Ketiga): 13 inci

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ban mobil Anda memiliki lebar 155 mm, rasio tinggi dan lebar 80%, dan cocok untuk velg berukuran 13 inci.

Ingatlah untuk selalu memeriksa buku manual mobil Anda atau label di pintu pengemudi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang ukuran ban yang direkomendasikan.

Sumber: www.suara.com

Related posts