Atlet Motorsport Ekstrem Legendaris Travis Pastrana Beli Subaru WRX Pakai Janji: Tak Digeber Habis

Musikpedia – Menyebut nama Travis Pastrana, yang terbayang adalah kepiawaiannya “menari” di udara sebagai atlet supercross freestyle. Kemudian kecakapannya di dunia reli (rally) sebagai salah satu driver Subaru Rally Team USA, dan atlet slalom gymkhana yang membuat putaran donat 360 derajat berputar-putar sampai membuat penonton terpaku hingga pusing kepala dibuatnya.

Sebagai atlet otomotif serba bisa, sosok bernama lengkap Travis Alan Pastrana yang lahir di Annapolis, Maryland, Amerika Serikat pada 8 Oktober 1983 ini berjaya di roda dua dan roda empat.

Read More

Dikutip dari berbagai sumber, seorang Travis Pastrana kali perdana menggegerkan dunia saat berusia 13 tahun sudah berlaga di freestyle motocross, dan usia 14 meraih gelar juara World Freestyle Motocross Championship di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Gelarnya di cabang roda dua ini bertahan kurun 1999-2003.

Travis Pastrana menuliskan dengan jenaka untuk postingannya yang menyajikan kepiawaiannya melakukan freestyle keren, “Usia 40 serasa 70 bila selesai terbang-terbang seperti ini” [screenshot Instagram courtesy Travis Pastrana].

Selain itu ia juga memperkaya gelar juara di seri kejuaraan X Games seperti MotoX Best Trick, MotoX Freestyle, serta turun di kategori balap roda empat kategori rally. Diteruskan balap stock car racing khas Amerika, NASCAR, dan terbaru turun kejuaraan slalom gymkhana.

Penampilan rally perdana Travis Pastrana adalah di Race of Champions, dan Vermont SportsCar Rally Team yang didukung Subaru (2004).

Dua tahun kemudian, ia dikontrak Subaru dan menjadi kapten Subaru Rally Team USA. Turun sebagai pilot, Travis Pastrana berdampingan dengan co-driver veteran Christian Edstrom.

Salah satu prestasi keren yang diraihnya di nomor rally X Games 2006 adalah mengalahkan mendiang Colin McRae (wafat 2007) dengan selisih 0,53 detik. Keduanya sama-sama mengandalkan produk Subaru.

Sesudahnya, Travis Pastrana turun di putaran World Rally Campionship 2007,2008, dan 2009.

Untuk musim 2007, ia turun di tiga kejuaraan P-WRC di kelas Grup N, bersama Subaru Impreza WRX STI.

Pada September 2008, Travis Pastrana turun di kejuaraan memorial Colin McRae Forest Stages Rally, dalam putaran Rally of Scotland di Perth, Skotlandia.

Ia berpasangan dengan co-driver Derek Ringer, salah satu mantan navigator Colin McRae (co-driver andalan McRae lainnya adalah Nicky Grist). Andalannya saat itu adalah salah satu tunggangan legendaris Ford Escort RS1600.

Mulai 2011, Travis Pastrana berkompetisi di Global RallyCross Championship, kemudian fast forward tahun ini, pada 2 Agustus 2023 Subaru Motorsports USA mengenalkan Subaru WRX Rally terbaru untuk berkompetisi di kelas Open 4WD di American Rally Association (ARA) Championship. Travis Pastrana akan menjadi salah satu pilotnya untuk musim kompetisi ARA 2024.

“Platform anyar Subaru ini sungguh luar biasa dan saya bahagia bisa berada satu tim dengan rekan driver Brandon Semenuk yang menjadi juara bertahan. Saya baru meninggalkan dunia rally ini setahun namun banyak hal berubah dan saya siap untuk tantangan baru,” paparnya sebagaimana dikutip dari rilis resmi Subaru USA.

Itu baru memperbincangkan keseruan seorang Travis Pastrana sebagai rally driver. Lantas bagaimana dengan tunggangannya sebagai kepala rumah tangga?

Awal bulan ini, sebagaimana diunggah di media sosial Instagram atas nama akun pribadinya, Travis Pastrana baru saja membeli satu unit Subaru WRX untuk kebutuhan rumah tangga bersama sang istri, Lyn-Z Adams Hawkins Pastrana–seorang atlet skateboard dan snowboarding–serta dua putri mereka.

“Terima kasih untuk Subaru Annapolis dan James Tate yang telah membantu kami untuk mendapatkan Subaru WRX hari ini. Saya berjanji tidak akan mengemudikannya seperti saat balapan gymkhana,” demikian tulisannya disertai emoji terbahak.

Ekspresi Travis Pastrana saat mencetak donuts 360 derajat bersama Subaru WRX  [screenshot Instagram courtesy TopGear/Travis Pastrana].
Ekspresi Travis Pastrana saat mencetak donuts 360 derajat bersama Subaru WRX [screenshot Instagram courtesy TopGear/Travis Pastrana].

Maklum, di unggahan sebelumnya tampak Travis Pastrana tengah beraksi ekstrem dalam kejuaraan gymkhana bersama satu unit Subaru WRX yang dibuatnya spinning 360 derajat dengan sempurna atau dikenal sebagai donuts.

Di Tanah Air, Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia menyatakan konsumen Subaru membeli produk ini bukan sebagai sarana transportasi, melainkan sensasi berkendara.

Dikutip dari kantor berita Antara, Arie Christopher menekankan bahwa karakteristik dan segmentasi konsumen mobil Subaru cukup berbeda dibandingkan pembeli kendaraan lainnya.

“Konsumen benar-benar suka menyetir, driving experience, dan benar-benar menghargai teknologi yang ada di mobil Subaru,” paparnya sembari menambahkan pengguna Subaru di Indonesia mulai usia muda hingga usia di atas 50 tahun.

Di Tanah Air, mobil seperti milik Travis Pastrana bisa dipinang dengan banderol mulai Rp 849.500.000.

Sumber: www.suara.com

Related posts