Arti Huruf dan Angka pada Tuas Transmisi Matik, Ini Penjelasannya

Musikpedia – Mobil matik saat ini menjadi salah satu pilihan konsumen karena kepraktisannya dalam berkendara. Pemilik kendaraan matik tak perlu effort lagi untuk menginjak kopling ketika hendak memindahkan persneling.

Read More

Buat pemula, mobil matik ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk dipakai belajar menyetir. Dalam mobil matik, terdapat huruf dan angka pada tuas transmisi.

Pemula wajib mengetahuinya sebelum benar-benar ingin belajar naik mobil matik. berikut beberapa arti huruf dan angka pada tuas transmisi matik dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. P atau Parkir

Ketika tuas ini berada di posisi P, maka mobil terkunci sehingga tidak bisa bergerak meskipun didorong.

Ini adalah posisi yang aman dan ideal ketika pemobil mematikan mesin atau saat kendaraan tidak sedang digunakan.

2. R atau Reverse

Pada posisi ini, mobil akan berjalan mundur ketika pemobil menginjak pedal gas. ini biasa dipakai ketika hendak keluar dari garasi dalam posisi mundur atau parkir.

3. N atau Neutral

Posisi N menandakan netral. Saat mobil dalam posisi netral, mesin tidak terhubung dengan transmisi, sehingga roda tidak terkunci.

Ini memungkinkan mobil untuk bergerak bebas, tanpa mengirim tenaga ke roda. Biasanya keadaan ini dilakukan pemobil saat berhenti dengan posisi mesin tidak dimatikan.

4. D atau Drive

Pada posisi D, transimisi akan secara otomatis menggeser gigi agar mobil bisa bergerak maju.

Pada posisi ini pula, terdapat kode angka mulai 1 hingga 3. Anda bisa saja mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut. Untuk angka 1, berarti Anda akan berjalan pada turunan yang curam, sehingga mobil tidak terlalu kencang.

5. L atau 1, 2, 3: Low Gears

Beberapa mobil otomatis memiliki opsi gigi rendah, yang dapat dilambangkan dengan huruf “L” atau angka 1, 2, dan 3. Posisi ini digunakan ketika pemobil ingin membatasi transmisi agar tetap berada di gigi rendah.

Pemobil bisa menggunakan persneling mobil matik mode low gears ini saat melewati daerah dengan tanjakan atau turunan curam.

Sumber: www.suara.com

Related posts