Apakah Yamaha R1 dan R1M akan Stop Diproduksi?

Musikpedia – Walaupun populasinya tak sebanyak motor sport entry level seperti Yamaha R15 misalnya, namun patut diakui bahwa Yamaha R1 dan R1M merupakan motor yang menjadi ikon khususnya bagi Yamaha.

Namun dengan aturan tentang emisi yang semakin ketat, apakah motor kencang ini akan discontinue?

Read More

Menurut laporan dari Visordown, Yamaha telah mengklarifikasi mengenai rumor bahwa model jalan raya R1 dan R1M akan dihentikan.

Pabrikan motor Jepang ini menyebutkan bahwa bahwa kedua model tersebut tidak akan diproduksi sesuai aturan Euro5+ untuk penggunaan di jalan raya.

Yamaha sekarang akan bergabung dengan Suzuki di masa yang akan datang, tanpa motor sport 1000cc di lini dagangan mereka, karena Suzuki menghentikan produksi GSX-R1000R pada akhir 2022.

Yamaha YZF-R1 Edisi Spesial. (Instagram/@yamaharacingcomofficial)

Menurut Yamaha Inggris, pernyataan resminya adalah sebagai berikut:

“Yamaha Motor Group telah memutuskan untuk tidak mengembangkan versi EU5+ dari R1 atau R1M. Sebagai gantinya, perusahaan berfokus pada strategi bisnis dan produk jangka menengah lainnya yang akan memberikan peluang di masa depan.”

Keputusan ini dapat mengindikasikan pergeseran dalam industri ini, dari sepeda motor premium yang populasinya sedikit ke motor pasaran dengan volume penjualan yang lebih tinggi.

Meskipun tampaknya model ini berada dalam bahaya, model ini tidak akan dihentikan untuk beberapa waktu.

Penjualan sepeda motor yang tidak memenuhi standar Euro5+ untuk model yang sudah ada akan berakhir pada tahun 2025. Euro6 diperkirakan tidak akan diperkenalkan sampai akhir dekade ini.

Walau demikian, tetap ada peluang bagi calon konsumen yang masih berminat membeli R1. Berkaca pada tahun 2023, Yamaha menghentikan produksi R6 sebagai motor jalan raya dan hanya menjualnya dalam bentuk balap, tanpa indikator, pelat nomor, dan peralatan homologasi lainnya yang diperlukan untuk penggunaan di jalan raya.

Jika Yamaha mengulangi hal ini pada R1, model ini dapat terus eksis sebagai motor balap dan lintasan balap. Motor balap saat ini tidak dibatasi oleh peraturan emisi Euro.

Sumber: www.suara.com

Related posts