Apa yang Membuat Putaran Setir Mobil Tak Sama?

Musikpedia – Putaran setir mobil yang tidak sama merupakan masalah yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Beberapa faktor dapat menjadi penyebab utama dari ketidakseimbangan ini.

Read More

Menurut situs resmi Daihatsu, berikut penyebab putaran setir mobil yang tidak sama.

1. Kerusakan pada Komponen Sistem Kemudi Mobil

Kerusakan pada komponen sistem kemudi mobil dapat menjadi penyebab utama putaran setir yang tidak seimbang.

Komponen seperti belt dan pompa power steering yang rusak dapat mengurangi kinerja kemudi, sedangkan kerusakan pada long tie rod atau rack steer bisa menyebabkan putaran setir menjadi berat sebelah.

2. Cairan Power Steering Berkurang

Putaran setir mobil juga dapat terpengaruh jika cairan pada sistem power steering berkurang. Sistem power steering terbagi menjadi dua jenis, yakni EPS (Electronic Power Steering) dan HPS (Hydraulic Power Steering).

Pada HPS, kebocoran atau pengurangan cairan dapat menyebabkan kemudi menjadi berat dan tak seimbang.

3. Penggantian Komponen Sistem Kemudi Mobil

Jika Anda pernah melakukan penggantian pada komponen sistem kemudi mobil, seperti tie rod, long tie rod, atau rack steer, hal ini juga bisa menjadi penyebab putaran setir yang tidak seimbang.

Penting untuk memastikan bahwa komponen yang digunakan adalah asli dan sesuai dengan spesifikasi mobil.

4. Masalah pada Sistem Pengereman

Ketidakseimbangan putaran setir dapat juga disebabkan oleh masalah pada sistem pengereman mobil. Kampas rem yang kotor atau aus, kebocoran piston rem, atau komponen pengereman yang lengket dapat memengaruhi keseimbangan putaran setir.

5. Front Wheel Alignment (FWA) yang Kurang Tepat

Front Wheel Alignment (FWA) yang kurang tepat dapat menjadi faktor penyebab putaran setir yang tidak seimbang.

FWA merupakan pengaturan roda depan mobil yang memainkan peran kunci dalam mengontrol roda dan menjaga keseimbangan setir.

Melakukan pemeriksaan berkala pada semua komponen di atas dan melakukan perawatan yang tepat dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah putaran setir yang tidak seimbang. J

ika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan ke bengkel atau mekanik yang kompeten untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Sumber: www.suara.com

Related posts