Apa yang Harus Dilakukan Jika Mobil Mengalami Overheat? Simak 8 Langkahnya!

Musikpedia – Mobil yang mengalami overheating bisa menjadi momen yang cukup menegangkan dan memerlukan tindakan cepat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Jika kamu menghadapi situasi ini, perhatikan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah overheating pada mobil.

Read More

Dikutip dari situs resmi MG, berikut 8 hal yang perlu dilakukan:

Ilustrasi radiator mobil kepanasan (Shutterstock).

1. Berhenti di Pinggir Jalan

Jika kamu melihat tanda-tanda mobil mengalami overheating, langkah pertama yang harus diambil adalah segera berhenti di pinggir jalan. Ini bertujuan untuk meminimalisir potensi kerusakan pada komponen mesin akibat suhu yang terlalu tinggi.

2. Matikan Mesin Mobil

Setelah berhenti, matikan mesin mobil segera. Ini akan membantu mencegah suhu mesin semakin meningkat dan mengurangi risiko kerusakan komponen yang lebih serius.

3. Mendinginkan Mesin

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendinginkan mesin mobil overheat? Idealnya, biarkan mesin mobil istirahat selama 30-60 menit. Ini memberikan waktu yang cukup untuk pendinginan sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya.

4. Buka Kap Mesin

Buka kap mesin secara perlahan setelah mesin mati. Hal ini memungkinkan panas yang terperangkap di dalam ruang mesin dapat lepas ke luar dengan lebih cepat, membantu proses pendinginan.

5. Hati-hati Membuka Tutup Radiator

Jangan langsung membuka tutup radiator ketika mesin masih panas atau mengeluarkan asap. Hal ini bisa menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi keluar, mengakibatkan risiko percikan api. Tunggu hingga mesin benar-benar dingin sebelum membuka tutup radiator.

6. Periksa Tabung Cadangan Air Radiator

Periksa tabung cadangan air radiator dan pastikan ketinggian airnya mencukupi. Jika air radiator kurang, tambahkan air segera. Kekurangan pendingin dapat menyebabkan masalah serius pada mesin.

7. Cek Kebocoran pada Sistem Pendinginan

Jika situasinya memungkinkan, periksa apakah ada kebocoran pada sistem pendinginan, termasuk bagian radiator, blok mesin, dan kepala silinder. Kebocoran perlu diatasi segera untuk mencegah overheating berulang.

8. Panggil Bantuan Jika Diperlukan

Jika setelah melakukan langkah-langkah tersebut mobil masih panas atau bahkan mogok, segera panggil bantuan. Hubungi bengkel terdekat atau manfaatkan aplikasi bantuan jalan untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Overheating memang masalah yang perlu segera ditangani. Melakukan pemeriksaan berkala pada sistem pendinginan dan komponen mesin dapat membantu mencegah terjadinya overheating. Pastikan untuk selalu memperhatikan suhu mesin dan menjaga kondisi mobil agar tetap prima.

Sumber: www.suara.com

Related posts