Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Musikpedia – Merawat mobil tua memerlukan perhatian khusus agar kendaraan tetap dalam kondisi prima. Dengan melakukan sejumlah tindakan perawatan, Anda dapat memperpanjang umur pakai mobil dan memastikan kenyamanan serta keamanan selama berkendara.

Berikut adalah beberapa langkah penting dalam merawat mobil tua, dikutip dari situs resmi Suzuki:

Read More
Ilustrasi kap mesin mobil [Foto: Antara]

1. Servis Rutin yang Terjadwal

Jadwalkan servis rutin di bengkel resmi sesuai rekomendasi pabrikan. Lakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk penggantian oli, filter udara, proses tune up, dan komponen lain sesuai kondisi mobil.

2. Lindungi dari Sinar Matahari dan Cuaca Ekstrem

Hindari memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung. Gunakan penutup mobil tahan cuaca untuk melindungi dari hujan, panas, dan debu. Langkah ini dapat mencegah kerusakan bodi dan komponen eksterior.

3. Bersihkan Eksterior dan Interior Mobil

Lakukan pembersihan teratur pada bagian luar dan dalam mobil. Gunakan sabun mobil lembut dan lap mikrofiber. Jangan lupakan membersihkan bagian dalam, termasuk dashboard, jok, dan area tersembunyi lainnya.

4. Perhatikan Sistem Kelistrikan dan Pengereman

Periksa lampu, klakson, wiper, dan sistem elektronik lainnya secara berkala. Pastikan sistem pengereman, termasuk kampas dan minyak rem, berfungsi optimal untuk menjaga keselamatan.

5. Jaga Kondisi Aki dan Sistem Suspensi

Perhatikan kesehatan aki dengan pemeriksaan berkala dan membersihkan terminal dari korosi. Periksa juga sistem suspensi dan kaki-kaki mobil. Lakukan perawatan spooring dan balancing untuk memastikan kenyamanan berkendara.

6. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan untuk menjaga performa mesin. Lakukan pengurasan tangki secara rutin jika menggunakan solar atau diesel.

7. Cek Pelumas, Ganti Oli secara Berkala

Pemeriksaan dan penggantian oli secara berkala sangat penting untuk melumasi mesin. Ikuti jadwal ganti oli yang direkomendasikan pabrikan.

8. Pilih Oli Mesin yang Tepat

Selalu memilih oli mesin yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Pilih oli yang direkomendasikan pabrikan atau yang memiliki kualitas terjamin.

Merawat mobil tua memang memerlukan kedisiplinan dan perhatian ekstra, tetapi investasi waktu dan upaya ini akan membantu Anda menjaga performa mobil dan menghindari kerusakan yang dapat merugikan.

Dengan perawatan yang baik, mobil tua Anda dapat tetap handal dan nyaman untuk perjalanan jangka panjang.

Sumber: www.suara.com

Related posts