Apa Saja Tanda Wiper Harus Ganti? Ini 7 Patokannya

Musikpedia – Wiper yang berfungsi dengan baik adalah elemen kunci untuk menjaga visibilitas dan keselamatan di jalan. Namun, seringkali pemilik mobil mengabaikan keadaan wiper hingga terjadi masalah.

Agar tidak terjebak dalam situasi di mana wiper tidak bekerja dengan optimal, penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa wiper mobil perlu diganti.

Read More

Berikut adalah beberapa petunjuk yang membantu Anda menentukan kapan saat yang tepat untuk mengganti wiper:

Kontrol operasikan wiper [Envato Elements/duallogic].

1. Garis-garis atau Coretan pada Kaca Depan

Jika Anda melihat garis-garis atau coretan setelah menggunakan wiper, itu bisa menjadi tanda bahwa karet wiper telah aus. Karet yang aus tidak akan mampu membersihkan kaca mobil dengan baik dan dapat meninggalkan jejak yang mengganggu.

2. Tak Efektif Membersihkan Air

Wiper yang efektif seharusnya mampu membersihkan air dengan bersih dari kaca depan. Jika Anda melihat ada bagian yang tetap basah atau kotor setelah menggunakan wiper, itu bisa menjadi indikasi bahwa wiper tidak lagi optimal.

3. Bunyi Berdecit atau Berderit

Jika Anda mendengar bunyi berdecit atau berderit saat wiper bergerak, itu bisa menandakan adanya kotoran atau aus pada karet wiper. Bunyi tersebut dapat mengindikasikan bahwa wiper tidak lagi menyentuh kaca dengan baik.

4. Patah atau Rusak Secara Fisik

Periksa secara visual kondisi fisik wiper. Jika Anda melihat karet wiper patah, robek, atau ada bagian yang rusak, itu merupakan tanda pasti bahwa wiper harus segera diganti.

5. Berubah Warna atau Tampak Kusam

Karet wiper yang berubah warna atau tampak kusam mungkin telah terkena sinar UV terlalu lama. Kondisi ini dapat membuat wiper kehilangan elastisitasnya, yang mengurangi efektivitasnya dalam membersihkan kaca.

6. Umur Pakai Wiper Sudah Lama

Umur pakai wiper dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti cuaca, frekuensi penggunaan, dan kualitas wiper itu sendiri. Namun, sebagai panduan umum, disarankan untuk mengganti wiper setiap enam bulan hingga satu tahun.

7. Menjadi Kaku atau Tidak Lentur

Ketika karet wiper menjadi kaku dan kehilangan kelembutan, wiper tidak akan dapat menyesuaikan bentuk kaca depan dengan baik. Ini dapat mengakibatkan garis yang tidak bersih dan area yang tidak dibersihkan.

Mengganti wiper mobil secara teratur adalah investasi kecil yang dapat memberikan manfaat besar dalam hal keselamatan di jalan.

Dengan memperhatikan tanda-tanda di atas, Anda dapat menjaga wiper tetap dalam kondisi optimal dan memastikan visibilitas yang baik selama berkendara.

Sumber: www.suara.com

Related posts