Apa Saja Ciri Kabel Busi Mobil Bocor?

Musikpedia – Kabel busi merupakan salah satu komponen vital dalam sistem pengapian pada mobil. Keberfungsaannya sangat penting untuk menjaga kinerja mesin agar tetap optimal. Salah satu masalah yang mungkin timbul adalah kebocoran pada kabel busi.

Berikut adalah beberapa ciri yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kabel busi yang bocor, menurut situs resmi Daihatsu.

Read More
Ilustrasi busi (Yamaha Indonesia)

1. Misfire pada Mesin Mobil

Kebocoran pada kabel busi dapat terdeteksi melalui kondisi misfire pada mesin mobil. Misfire ditandai dengan getaran hebat dan suara yang tidak beraturan saat mesin dihidupkan.

Kabel busi yang bocor menghambat aliran arus listrik dengan baik, sehingga mesin menjadi kurang responsif.

2. Sulit Menyalakan

Mesin atau Mudah Mati Kabel busi yang bocor dapat menyebabkan kesulitan saat menyalakan mesin. Bahkan, mesin dapat dengan mudah mati setelah dinyalakan. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan kabel busi menyampaikan arus listrik dengan efisien.

3. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Jika tiba-tiba konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros tanpa adanya masalah pada sistem bahan bakar, periksa kondisi kabel busi. Kebocoran kabel busi membuat mesin kehilangan responsivitasnya, sehingga memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk beroperasi.

4. Bau yang Kurang Sedap

Bau yang tidak sedap dari mesin mobil dapat menjadi indikasi kebocoran kabel busi. Kondisi ini muncul akibat pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dalam ruang pembakaran mesin.

Mengenali ciri-ciri ini dengan baik dapat membantu Anda untuk mengatasi potensi masalah pada kabel busi sejak dini. Perawatan dan penggantian kabel busi yang tepat waktu akan menjaga performa mesin mobil Anda dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

Sumber: www.suara.com

Related posts