Apa Penyebab Ban Mobil Benjol? Ini 4 Pemicunya

Musikpedia – Ban mobil yang benjol bukan hanya masalah estetika, tetapi juga dapat menjadi ancaman serius terhadap keselamatan pengemudi dan penumpang.

Untuk itu, penting bagi setiap pemilik mobil untuk memahami penyebab ban mobil benjol dan bagaimana cara mengatasinya.

Read More

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab ban mobil benjol beserta solusinya.

Ban mobil GT Radial (Istimewa)

1. Pengisian Angin Kurang Tepat

Penyebab utama ban mobil benjol adalah pengisian angin yang kurang tepat. Setiap ban memiliki standar pengisian angin yang berbeda, dan kurang atau berlebihan dalam pengisian angin dapat menyebabkan masalah.

Pastikan untuk mengisi angin sesuai dengan rekomendasi produsen ban, yang biasanya tertera di dinding samping ban.

2. Sering Terkena Benda Tajam

Jalanan berlubang atau rusak dapat menyebabkan permukaan ban mudah terkena benda tajam seperti serpihan batu kerikil. Terkena benda tajam secara berulang dapat menyebabkan goresan dan benjolan pada ban.

3. Deformasi Ban (Perubahan Bentuk Ban)

Deformasi ban terjadi akibat jalanan yang berlubang atau rusak. Ban dapat mengalami perubahan bentuk dan gundul karena terkena benda tajam atau kerikil di jalanan.

4. Suspensi Mobil Mati

Suspensi mobil berperan penting dalam menyerap guncangan saat mobil melintasi jalanan yang tidak rata. Jika suspensi mati, tekanan yang diterima oleh ban akan lebih besar, menyebabkan ban lebih rentan terhadap benjolan.

Memahami penyebab ban mobil benjol dan mengambil langkah-langkah pencegahan dapat membantu menjaga kinerja dan keselamatan berkendara.

Selalu lakukan perawatan rutin dan periksa kondisi ban secara berkala untuk menghindari masalah yang dapat timbul.

Sumber: www.suara.com

Related posts