Apa Itu Turbo Lag? Kenapa Bisa Terjadi pada Mobil?

Musikpedia – Turbo lag adalah istilah yang sering terdengar di kalangan penggemar otomotif, tetapi apa sebenarnya turbo lag dan mengapa itu terjadi pada mobil? Mari simak penjelasan lebih lanjut.

Read More

Apa Itu Turbo Lag? Turbo lag merupakan keterlambatan respons mesin turbocharged ketika pengemudi menginjak pedal gas. Berbeda dengan mesin konvensional yang langsung menghasilkan daya saat pedal gas diinjak, mesin turbocharged memiliki keterlambatan sebelum mesin mulai merespons dengan cepat.

Meskipun keterlambatan ini biasanya hanya berlangsung sekitar satu detik, hal ini dapat memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pengemudi, terutama dalam situasi balap di mana setiap detiknya berharga.

Mengapa Turbo Lag Terjadi?

Menurut Carparts, turbo lag terjadi karena mesin tidak menghasilkan cukup gas buang untuk memutar turbin turbocharger. Turbocharger memiliki dua turbin, satu yang digerakkan oleh gas buang dan yang lainnya memaksa udara masuk ke dalam manifold intake.

Kedua turbin ini memiliki massa dan membutuhkan tekanan gas buang yang cukup dari mesin sebelum mereka dapat berputar dan menghasilkan tekanan boost.

Turbo lag paling terasa ketika mesin berada pada putaran mesin rendah dan beban rendah karena mesin menghasilkan sedikit gas buang.

Mesin perlu mencapai beban tertentu sebelum menciptakan aliran udara yang cukup di dalam saluran knalpot untuk menciptakan tekanan boost.

Putaran mesin ini disebut ambang tekanan, dan turbocharger hanya akan mulai berputar dan menghasilkan daya saat mesin mencapai ambang ini.

Meskipun turbo lag dapat mengganggu, terutama dalam situasi yang membutuhkan respons cepat, seperti balapan, teknologi terus berkembang untuk mengurangi keterlambatan ini.

Pengembangan turbocharger variabel geometri dan penggunaan turbocharger ganda adalah beberapa solusi yang telah diterapkan untuk mengatasi turbo lag.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu turbo lag dan mengapa itu terjadi, pengemudi dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan dampaknya dan meningkatkan pengalaman berkendara mereka.

Sumber: www.suara.com

Related posts