Apa Itu Sunburn pada Yamaha Aerox? Pengguna Motor dengan Speedometer LCD Wajib Tahu

Musikpedia – Untuk urusan fitur, Yamaha Aerox bisa dibilang merupakan salah satu motor matic unggulan yang salah satu keunikannya adalah adanya LCD besar sebagai panel speedo meter.

Walau menyiratkan kesan canggih, namun LCD speedometer ini juga membawa kelemahan yang wajib diwaspadai penggunanya, salah satunya adalah Sunburn.

Read More

Apa itu Sunburn? Buat yang belum tahu, istilah ini digunakan untuk merujuk kendala pada Yamaha Aerox di mana ada masalah yang terjadi pada layar LCD speedometer yang terbakar akibat terpapar sinar matahari langsung.

Selain itu, diketahui bahwa Sunburn ini bisa terjadi lantaran usia dari speedometer mencapai 4-5 tahun bahkan bisa lebih cepat jika motor kerap diparkir sembarangan.

Yamaha Aerox 155VVA R-Version

Sunburn pada LCD ini dapat membuat informasi pada layar LCD sulit terlihat dan bahkan mati.

Untuk mencegah sunburn, beberapa tips yang dapat dilakukan adalah:
– Redupkan lampu speedometer.
– Ganti lampu LED dengan watt yang lebih kecil.
– Tutup speedometer dengan kanebo atau kain lainnya agar tidak terkena sinar matahari langsung ketika parkir di luar ruangan.
– Jika terpaksa parkir di luar ruangan, pastikan motor tak rutin terjemur, atau terpapar panas.

Jika sunburn sudah terjadi, panel layar yang terbakar harus diganti dengan yang baru. Biaya perbaikan alias penggantian panel standar untuk masalah sunburn sekitar Rp 200 ribuan.

Sumber: www.suara.com

Related posts