Apa Itu Inden dalam Pembelian Kendaraan Bermotor? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Musikpedia – Ketika membeli sebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor, tak sedikit dari pembeli akan disuruh melakukan inden.

Read More

Bagi orang yang pertama kali membeli, tentunya akan kebingungan maksud dari inden setiap hendak transaksi kendaraan bermotor.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan inden? Dilansir dari Daihatsu Indonesia, inden merupakan suatu prosedur dimana pembeli harus melakukan pembayaran di muka sebelum melakukan pembelian.

Ketika membeli kendaraan, calon pembeli akan diminta untuk membayar sejumlah uang sebagai uang muka kepada pihak dealer.

Dengan diberikan uang muka ini, calon pembeli akan mendapatkan hak eksklusif dalam memilih warna, tipe transmisi, dan lainnya.

Berapa lama waktu inden?

Masing-masing produsen otomotif sangat beragam dalam waktu inden. Bisa hitungan bulan hingga tahunan.

Hal ini disebabkan beberapa faktor mulai dari ketersediaan unit yang terbatas tetapi permintaan pembelian terlalu banyak, masih proses produksi dan pengiriman mobil dari luar negeri menuju Indonesia, hingga faktor administratif.

Kelebihan membeli kendaraan dengan cara inden

1. Harga lebih terjangkau

Dengan inden, konsumen bisa mendapatkan harga terjangkau daripada membeli kredit. Membeli mobil secara inden hanya memberikan uang jaminan kesepakatan pembelian di muka.

Sedangkan membeli secara kredit tentunya akan lebih mahal karena adanya penambahan pajak kredit.

2. Sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan

Konsumen bisa memilih barang yang sesuai dengan apa yang diinginkan dengan menggunakan sistem inden ini.

3. Uang muka bisa kembali sepenuhnya

Uang muka yang dibayarkan konsumen bisa kembali sepenuhnya jika pihak dealer tidak sanggup menghadirkan unit mobil yang diinginkan konsumen.

Kekurangan inden

1. Waktu tunggu lama

Kekurangan dari inden mobil adalah waktu pengiriman mobil lama. Sangat tidak cocok, untuk Anda yang terburu-buru ingin memiliki mobil.

2. Tidak ada kepastian

Kekurangan selanjutnya, tidak adanya kepastian dari pihak dealer. Dan kejadian ini sudah sering kali terjadi.

Sumber: www.suara.com

Related posts