Apa Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic? Kapan Harus Ganti?

Musikpedia – Sebagai pemilik motor matic, keberadaan oli gardan atau transmisi seringkali terlupakan meskipun memiliki peran penting dalam menjaga performa kendaraan. Oli gardan memiliki fungsi khusus yang tidak boleh diabaikan, dan pemahaman kapan harus menggantinya menjadi kunci untuk menjaga kelancaran transmisi otomatis pada motor matic.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari situs resmi Deltalube:

Read More

Apa Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic?

Ilustrasi motor matic Yamaha Nmax. (Unsplash/Hombre)

Oli gardan pada motor matic memiliki peran utama dalam melancarkan kinerja transmisi otomatis. Pada bagian transmisi, terdapat banyak komponen yang saling bergesekan.

Fungsi utama oli gardan adalah memberikan pelumasan yang cukup untuk mengurangi gesekan antar komponen tersebut.

Tanpa pelumasan yang memadai, dapat terjadi kebisingan pada bagian box CVT di bagian belakang motor matic.

Pemilik motor matic seringkali mengabaikan pentingnya oli gardan, mungkin karena lebih sering fokus pada oli mesin.

Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pemahaman mengenai fungsi oli gardan yang sebenarnya krusial untuk kelancaran transmisi otomatis.

Kerap kali, pemilik motor matic baru sadar akan masalah ini ketika suara berisik atau bunyi bising muncul dari dalam box CVT, menandakan adanya kerusakan pada komponen tersebut.

Ilustrasi ganti oli gardan motor (Instagram/@planetban)
Ilustrasi ganti oli gardan motor (Instagram/@planetban)

Kapan Mengganti Oli Gardan pada Motor Matic?

Pergantian oli gardan sebaiknya dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja transmisi otomatis. Idealnya, penggantian oli gardan sebaiknya dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak sekitar 8.000 Km atau dalam rentang waktu sekitar 8 bulan.

Dengan melakukan penggantian secara teratur, perpindahan gigi otomatis akan tetap lembut dan lancar, sementara unit CVT memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Penting untuk selalu memperhatikan kondisi oli gardan agar kinerja motor matic tetap optimal.

Jika oli gardan tidak diganti secara berkala, kekentalan oli dapat berkurang, menyebabkan gesekan hebat antar komponen transmisi yang pada akhirnya merusak gear ratio.

Untuk memastikan kelancaran transmisi dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan, jadwalkan penggantian oli gardan sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan.

Dengan begitu, motor matic Anda akan tetap handal dan nyaman digunakan dalam setiap perjalanan.

Sumber: www.suara.com

Related posts