Agar Tak Celaka, Ini Tips Berkendara Motor di Musim Hujan

Musikpedia – Ketika berkendara di musim hujan, tentunya pemotor harus tetap berhati-hati dan waspada. Pasalnya, pemotor akan melintas di jalan licin yang memiliki potensi kecelakaan yang besar.

Read More

Apalagi pemotor juga akan sedikit terhalang pandangannya ketika berkendara saat hujan turun yang begitu deras. Untuk itu, sikap waspada dan kehati-hatian perlu ditanamkan pada pemotor tersebut.

Dilansir dari Astra Motor, ada beberapa tips berkendara yang aman dan bisa diterapkan pemotor ketika musim hujan datang.

1. Pakai jas hujan single

Ketika hujan datang, tentunya pemotor akan membutuhkan jas hujan. Pemilihan jas hujan memang tidak bisa sembarangan saat berkendara.

Sebaiknya pemotor menggunakan jas hujan berjenis pakaian. Maksudnya, jas hujan ini tidak bisa dipakai untuk dua orang atau lebih.

Ketika membawa penumpang, pemotor harus menyediakan jas hujan single satu lagi. Jadi nantinya antara pemotor dan penumpang tak kehujanan.

2. Tidak Lakukan Rem Dadakan

Pengereman mendadak di saat hujan mengguyur jalanan berpotensi untuk mencelakakan pemotor. Pasalnya, ban bisa saja selip saat melakukan rem mendadak di jalan licin.

Dibutuhkan teknik pengereman yang tepat ketika berkendara di muskm hujan. Untuk beberapa motor zaman now, pemotor tak perlu takut lagi karena adanya fitur engine brake yang berfungsi untuk membantu pengereman.

3. Menyalakan Lampu motor

Ketika hujan turun, sebaiknya pemotor menyalakan lampu. Hal ini berfungsi untuk membantu pemotor ketika melihat jalanan secara jelas.

Motor zaman now sudah otomatis lampu menyala. Jadi ketika tombol on pada motor dihidupkan, lampu otomatis menyala.

Sumber: www.suara.com

Related posts