7 Tips Penting saat Beli Mobil Bekas, Biar Nggak Nyesel

Musikpedia – Membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif cerdas untuk mendapatkan kendaraan berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Read More

Namun, agar pembelian Anda benar-benar memuaskan, ada beberapa trik dan panduan yang perlu Anda ikuti.

Berikut adalah tips dan trik dalam membeli mobil bekas agar mendapatkan kendaraan yang layak pakai, dikutip dari situs resmi Suzuki.

1. Mengecek Status Mobil

Pengecekan status mobil pada STNK dan BPKB sangat krusial. Kunjungi kantor Samsat untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai status mobil yang ingin Anda beli.

Pastikan tidak ada masalah hukum atau administrasi yang dapat menimbulkan kendala di kemudian hari.

2. Membeli Langsung dari Pemilik Mobil

Memilih untuk membeli langsung dari pemilik mobil dapat menguntungkan dari segi harga.

Meskipun lebih menantang daripada membeli dari showroom, proses ini dapat memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan harga lebih miring.

Lakukan survei dengan sabar hingga menemukan penawaran yang sesuai dengan anggaran Anda.

3. Melihat Indikator Mobil di Panel Instrumen

Perhatikan indikator pada panel instrumen untuk mengetahui kondisi internal mobil. Ini termasuk indikator aki, engine check, dan tekanan oli mesin.

Jika mungkin, bawa inspektor atau ahli mobil bersama Anda untuk memberikan penjelasan lebih detail tentang setiap indikator.

4. Mengecek Riwayat Servis Mobil

Cek riwayat servis mobil melalui bengkel resmi atau aplikasi khusus. Informasi ini memberikan gambaran tentang kondisi mobil, penggantian komponen, dan perbaikan yang pernah dilakukan oleh pemilik sebelumnya.

Riwayat servis yang baik adalah indikator mobil yang terawat dengan baik.

5. Menyalakan Mesin Mobil

Saat menyalakan mesin, perhatikan area kepala silinder, blok mesin, dan karter oli. Jika terdapat rembesan oli atau debu pekat, itu bisa menjadi pertanda masalah potensial.

Selain itu, dengarkan suara mesin saat dinyalakan. Suara mesin yang kasar atau aneh dapat menjadi indikasi masalah yang perlu diperiksa lebih lanjut.

6. Melakukan Test Drive di Medan Jalan yang Variatif

Test drive adalah langkah krusial dalam membeli mobil bekas. Pastikan Anda mendapatkan izin untuk melakukan test drive. Uji laju mobil, perpindahan transmisi, dan respon pedal gas.

Lakukan test drive di berbagai kondisi jalan, termasuk medan menanjak, untuk menguji stabilitas dan kualitas kemudi mobil.

7. Menanyakan Kunci Cadangan Mobil

Pastikan mobil dilengkapi dengan kunci cadangan, terutama jika memiliki sistem immobilizer. Kunci cadangan dapat menjadi aset berharga dan dapat menghindari masalah akibat kehilangan kunci utama.

Dengan mengikuti trik-trik di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi Anda. Jangan ragu untuk melakukan pengecekan menyeluruh dan mengajukan pertanyaan kepada pemilik mobil untuk memastikan kepuasan dalam pembelian Anda.

Sumber: www.suara.com

Related posts