53 Persen Ekspor Mobil Indonesia ke ASEAN Kategori 7-Seater

Musikpedia – Terhitung sejak Januari 2023 hingga Desember 2023, kurang lebih kendaraan passenger car yang sudah diekspor sekira 571 ribu unit kepada lebih dari 90 negara tujuan.

Dikutip dari kantor berita Antara,Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi menjelaskan bahwa sebesar 53 persen dari keseluruhan ekspor passenger car tadi adalah kategori 7-seater atau format tujuh penumpang.

Read More
All-New Kijang Innova Zenix, sebagai ilustrasi passenger car 7-seater [ANTARA/Fathur Rochman]

Pasar ekspor terbesar bagi Indonesia adalah ASEAN sebesar 54 persen dari total ekspor, kemudian Timur Tengah 18 persen, Amerika Utara 15 persen, Amerika Selatan 6 persen, Asia Timur (4 persen) dan Afrika (1 persen).

Disebutkannya, hal ini menunjukkan potensi Indonesia untuk menjadi ekspor hub mobil penumpang atau passenger car di kawasan ASEAN.

“Jadi, jangan ragu-ragu untuk menjadikan Indonesia sebagai export hub di region ini, terutama untuk yang passenger market,” lanjut Rachmat Kaimuddin.

Selain itu, Indonesia juga pasar terbesar untuk mobil penumpang mau pun mobil niaga dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

“Walaupun mungkin ada negara tetangga kita yang produksi lebih banyak buat ekspor, tapi market kita, baik passenger car atau pun commercial vehicle, digabungkan paling besar, dan nanti produksinya juga memang paling besar,” tutupnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts