5 Trik Jitu Menghemat BBM: Pantang Kebut-kebutan!

Musikpedia – Setiap liter bahan bakar yang terjaga adalah langkah kecil namun pasti untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Read More

Oleh karena itu, berkendara dengan cara khusus mutlak diperlukan agar mobil tak boros. Inilah 5 trik jitu untuk mengoptimalkan konsumsi BBM, diktuip dari situs resmi Hyundai:

1. Gunakan Eco Mode

Saat Anda merasa santai dan perjalanan berlangsung konstan, aktifkan Eco Mode pada mobil Anda. Untuk beberapa mobil, fitur ini akan mengatur respons pedal gas dan transmisi untuk mencapai efisiensi maksimum, menekan konsumsi BBM seiring perjalanan.

2. Posisikan Gigi dengan Cerdas

Bagi pengemudi mobil dengan transmisi manual, trik berikutnya adalah mengelola posisi gigi dengan bijaksana. Posisikan gigi pada level tertinggi untuk mengurangi konsumsi BBM.

Oper gigi di sekitar RPM 2.000 dan jaga agar RPM tetap stabil tanpa menekan gas terlalu dalam untuk mengoptimalkan efisiensi.

3. Cek Tekanan Ban secara Rutin

Jangan sepelekan peran tekanan ban terhadap konsumsi BBM. Pastikan tekanan ban tetap optimal, di atas 35 PSI, untuk memastikan mobil Anda berjalan dengan efisiensi tinggi.

Ban yang kempes bukan hanya memengaruhi konsumsi BBM, tetapi juga meningkatkan risiko kerusakan.

4. Kurangi Beban Mobil

Jika memungkinkan, hindari muatan berlebih di dalam mobil. Setiap kilogram tambahan memberikan beban ekstra pada mesin, yang dapat membuatnya bekerja lebih keras dan menyebabkan peningkatan konsumsi BBM. Perjalanan hemat BBM dimulai dengan memastikan mobil Anda tidak membawa lebih dari yang diperlukan.

5. Jaga Kecepatan agar Stabil

Jaga kecepatan saat berkendara, bukan hanya untuk keamanan, tetapi juga untuk efisiensi bahan bakar. Menjaga kecepatan sedang, di mana gas hanya diperlukan sedikit untuk mempertahankan laju, memungkinkan mesin bekerja dengan beban ringan, mengurangi konsumsi BBM secara signifikan.

Dengan menerapkan trik ini, Anda bisa membuktikan sendiri bahwa kini mobil Anda dapat menjadi lebih hemat BBM.

Sumber: www.suara.com

Related posts