5 Tanda dan Momen Pas untuk Istirahat

Musikpedia – Apakah Anda sering melakukan perjalanan jauh dengan mobil? Baik untuk liburan atau keperluan dinas, perjalanan jauh bisa menyenangkan namun juga menantang.

Read More

Namun, kenyamanan tidak hanya tergantung pada mobil yang Anda kendarai, melainkan juga pada kondisi dan kebugaran Anda sebagai pengemudi. Berikut adalah 5 tanda dan momen pas untuk istirahat saat mengemudi jarak jauh.

1. Durasi Mengemudi yang Bijak

Saat mengemudi jarak jauh, ada kecenderungan untuk “kebablasan” tanpa menyadari berapa lama sebenarnya Anda sudah di atas kemudi.

Batasi durasi mengemudi Anda, idealnya tidak lebih dari 7-8 jam non-stop. Istirahat sejenak setiap beberapa jam untuk merilekskan otot dan mengembalikan fokus.

2. Perhatikan Pandangan Mata

Pandangan yang buram atau berkabut adalah tanda pasti kelelahan. Jika Anda mulai kesulitan melihat dengan jelas, beri diri Anda istirahat minimal satu jam. Ini membantu menyegarkan mata dan meningkatkan kewaspadaan.

3. Dengarkan Tubuh yang Pegal

Pegal di bagian pundak, leher, lengan, atau kaki adalah sinyal tubuh bahwa perlu istirahat. Berhentilah sejenak, keluarkan diri dari mobil, dan lakukan stretching ringan. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan otot.

4. Jangan Abaikan Rasa Mengantuk

Mengantuk adalah sinyal serius untuk beristirahat. Meskipun memejamkan mata sejenak bisa membantu, sebaiknya berhenti minimal satu jam untuk tidur sebentar. Keselamatan Anda jauh lebih penting daripada mencapai tujuan dengan cepat.

5. Manfaatkan Momen Mengisi Bahan Bakar

Mengisi bahan bakar bukan hanya kegiatan rutin, tetapi juga kesempatan untuk beristirahat sejenak. Lakukan stretching, pergilah ke toilet, atau dapatkan segelas air untuk menyegarkan diri. Momen ini dapat memberikan keseimbangan yang baik antara waktu perjalanan dan waktu istirahat.

Ingatlah bahwa kecepatan bukanlah yang terpenting dalam perjalanan jauh, melainkan keselamatan Anda dan penumpang. Ikutilah tanda-tanda tubuh Anda, dan beri diri Anda istirahat yang cukup untuk menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman. Jangan lupa, setir dengan bijak dan nikmati setiap momen perjalanan!

Sumber: www.suara.com

Related posts