5 Macam Kerusakan pada Radiator, Awas Bisa Merepotkan!

Musikpedia – Radiator mobil, bagian yang krusial untuk menjaga suhu mesin tetap stabil, dapat menghadapi sejumlah masalah yang memerlukan perhatian serius.

Read More

Kerusakan pada bagian ini tentu akan mengakibatkan masalah fatal pada mesin.

Berikut adalah beberapa kerusakan umum pada radiator yang perlu diwaspadai, dikutip dari situs resmi Daihatsu:

1. Overheat (Panas Berlebih)

Overheat adalah kondisi di mana mesin mobil mengalami panas berlebihan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kebocoran air pendingin, kerusakan termostat, atau masalah pada kipas radiator.

Overheat dapat merusak mesin secara serius, sehingga perlu ditangani segera.

2. Volume Air Pendingin Cepat Habis

Jika volume air pendingin mobil cepat habis, ini bisa menjadi pertanda adanya kebocoran atau masalah pada sistem pendingin.

Kebocoran dapat terjadi pada radiator, selang, atau komponen lainnya. Pemeriksaan rutin terhadap tingkat air pendingin menjadi penting untuk mendeteksi masalah ini.

3. Selang Radiator Bocor

Kebocoran pada selang radiator merupakan isu serius yang dapat menyebabkan kebocoran air pendingin.

Selang yang aus atau rusak perlu segera diganti untuk mencegah kebocoran yang lebih parah.

Pemantauan terhadap tanda-tanda kelembapan atau bercak air di sekitar selang radiator perlu dilakukan secara berkala.

4. Tetesan Air di Bawah Bumper Depan

Jika Anda melihat adanya tetesan air di bawah bumper depan, hal ini bisa menjadi indikasi masalah pada sistem pendingin.

Kebocoran atau masalah pada radiator dapat menyebabkan tetesan air. Periksa dengan seksama area di sekitar radiator untuk mengidentifikasi sumber masalah.

5. Korosi di Radiator

Korosi pada bagian radiator dapat mengurangi efisiensi pendinginan. Radiator yang terkorosi perlu mendapat perhatian khusus. Pembersihan dan perawatan radiator secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya korosi.

Dalam menghadapi berbagai masalah ini, pemeliharaan dan perawatan radiator secara berkala menjadi kunci untuk menjaga kesehatan sistem pendingin mobil.

Pemeriksaan rutin oleh teknisi profesional dapat membantu mendeteksi masalah lebih awal dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

Sumber: www.suara.com

Related posts