4 Tanda Shockbreaker Motor Mulai Soak, Begini Ciri-cirinya

Musikpedia – Shockbreaker menjadi salah satu komponen pada motor yang memiliki peran vital. Pasalnya, komponen ini berfungsi untuk meredam guncangan ketika pemotor melintas di jalan yang bergelombang hingga terjal.

Read More

Komponen yang biasa disebut suspensi ini juga berpengaruh menjaga kenyamanan dan kestabilan saat berkendara.

Namun, tak sedikit pemotor yang memperhatian kondisi shockbreaker apakah masih layak dipakai lagi atau tidak.

Padahal hal tersebut sangat vitak untuk pemotor ketika berkendara. Lalu apa saja sih yang perlu diketahui untuk melihat tanda-tanda shockbreaker sudah mulai soak? Berikut 4 cirinya dilansir dari laman Astra Honda.

1. Ban mulai oleng

Ketika pemotor merasakan ban sudah oleng atau tidak stabil, besar kemungkinan shockbreaker sudah mulai soak dan harus diganti segera.

2. Muncul suara aneh

Pemotor wajib waspada ketika mendengar suara aneh yang datangnya dari suspensi. Biasanya suara ini terdengar decit yang kasar.

3. Guncangan berlebih

Saat melintasi jalan berlubang atau tidak rata, guncangan yang terasa jauh lebih besar dari biasanya bisa menjadi indikasi kinerja suspensi menurun.

4. Oli bocor

Kebocoran oli shockbreaker yang ditandai dengan rembesan cairan di sekitar suspensi menandakan adanya kerusakan pada seal. Hal ini dapat mengurangi kemampuan redam guncangan dan membuat motor tidak stabil.

Sumber: www.suara.com

Related posts