4 Tahun Absen, GIICOMVEC 2024 Jadi Solusi Bisnis Satu Atap

Musikpedia – GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC 2024 akan segera pentas di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 7-10 Maret 2024. Bila disebut sebagai pameran otomotif, ya benar. Akan tetapi, formatnya bukan menyuguhkan passenger car seperti GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), melainkan kendaraan komersial.

“Konsepnya adalah business to business atau B2B. Jadi kami bukan menyelenggarakan untuk pengunjung, akan tetapi mengundang potential buyers. Mulai sasis, karoseri, sampai perusahaan pembuat aksesoris ada. Inilah pameran one stop business solution,” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO, dalam press conference GIICOMVEC 2024 di JW Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).

Read More

Dengan model pameran one stop business solution atau solusi bisnis satu atap inilah, GIICOMVEC akan menjadi solusi lengkap bagi semua kebutuhan kendaraan komersial. Mengingat kebutuhan para pelaku bisnis berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah industri yang digelutinya, GIICOMVEC siap mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya dalam satu waktu.

Yaitu lewat pameran ini, yang menyediakan kendaraan komersial dari para trade visitor. Mulai teknologi terbaru, sasis, karoseri, industri pendukung, hingga perusahaan pembiayaan.

Sedangkan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau GAIKINDO menyatakan bahwa pameran GIICOMVEC digelar pertama pada 2018, kemudian 2020, mengikuti format pameran dua tahunan.

“Akan tetapi negara kita diadang pandemi COVID-19 dan acara ini baru bisa diselenggarakan bila kondisi ekonomi sudah benar-benar pulih,” ungkap Yohannes Nangoi.

Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) di Hotel JW Luwansa, Kuningan Jakarta [Musikpedia/CNR ukirsari]

Setelah melewati 2022 atau empat tahun kemudian dari penyelenggaraan GIICOMVEC 2020, pertumbuhan ekonomi nasional terus mengalami kenaikan positif serta iklim investasi yang semakin kondusif. Situasi positif ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial bagi industri kendaraan komersial yang terus tumbuh memenuhi permintaan pasar nasional.

Kondisi tadi harus dimanfaatkan para pelaku industri, dan salah satu faktor vital dalam membangun bisnis adalah alat dan sarana transportasi yang efektif. Sehingga 2024 dirasa GAIKINDO sebagai momentum tepat untuk menyelenggarakan kembali pameran kendaraan komersial.

“Saat ini ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah fasilitas luar biasa yang diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi Pemerintah RI. Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antardaerah dan oleh karena itu kegiatan usaha makin terbuka luas mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan dan lainnya. Dengan kendaraan komersial yang tepat dan didukung teknologi terkini, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif dan tentunya menguntungkan,” jelas Yohannes Nangoi.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, maka GIICOMVEC 2024 siap digelar.

Selain infrastruktur jalan yang terus ditingkatkan, Pemerintah RI juga membangun dan melengkapi berbagai infrastruktur sarana dan prasarana transportasi massal yang juga membutuhkan produk serta teknologi terbaru dari kendaraan komersial.

“Karena itu GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan produk dan teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan pemerintah dan kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri,” tukasnya.

Selain memenuhi kebutuhan pasar niaga atau komersial nasional, gelaran GIICOMVEC menjadi ajang yang mampu memberikan informasi positif kepada pasar internasional, dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

Pameran kendaraan komersial ini digelar di Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) dengan total area lebih dari 14.000 meter persegi. Dimeriahkan sederet brand di Indonesia dari industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya, termasuk brand Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, dan Wuling. Ditambah industri karoseri Indonesia dan industri pendukung lainnya.

Juga akan hadir lebih dari 10 ribu trade visitors dan mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial untuk membuka potensi baru bagi industri kendaraan komersial di Indonesia.

Trade visitors GIICOMVEC ditargetkan akan datang dari industri transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, ritel, operator tur dan perjalanan, pertambangan, minyak, gas, dan energi, konstruksi, jasa keuangan dan asuransi, barang konsumsi, restoran, kafe, dan layanan catering, usaha kecil dan menengah (UKM), lembaga kesehatan, badan pemerintah atau perusahaan swasta, industri pertanian, kehutanan, dan peternakan, serta militer.

Mereka bisa menikmati berbagai penawaran khusus yang sangat menarik dari para sponsor, yakni Astra Financial sebagai Official Financial Partner bersama dengan Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, Bank Jasa Jakarta.

GIICOMVEC 2024 juga bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi yang berkaitan erat dengan industri kendaraan komersial, termasuk APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO dan ALI. Sedangkan Pertamina Lubricants menjadi sponsor.

Sumber: www.suara.com

Related posts